Keefektifan Pelaksanaan Manajemen Berbasis Sekolah di UPT Pelayanan Pendidikan Kecamatan Depok Kabupaten Sleman

Listijaningsih, Listijaningsih (2014) Keefektifan Pelaksanaan Manajemen Berbasis Sekolah di UPT Pelayanan Pendidikan Kecamatan Depok Kabupaten Sleman. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-listijaningsih-12703259012.swf

Download (12MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Keefektifan pelaksanaan Manajemen Berbasis Sekolah di SD N Percobaan 2 dan SD N Ngringin. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus (case study). Penelitian diadakan di SD N Percobaan 2 dan SD N Ngringin. Subyek penelitian adalah kepala sekolah, guru, dan karyawan untuk dijadikan informan penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) dari aspek konteks sekolah telah mampu merespon tuntutan stakeholders untuk diwujudkan bersama, di SD N Percobaan 2 maupun SD N Ngringin termasuk dalam kategori sangat efektif, (2) Pada aspek pendidik dan tenaga kependidikan SD N Percobaan 2 diketahui sangat efektif sedangkan SD N Ngringin masuk kategori kurang efektif. Pada aspek pemenuhan sarana prasarana sekolah diketahui SD N Percobaan 2 maupun SD N Ngringin dapat disimpulkan efektif, (3) pada aspek proses, proses pelaksanaan PBM dari dua sekolah tersebut dapat disimpulkan efektif, (4) perbandingan produk pada dua sekolah tersebut diketahui bahwa keduanya masuk kategori efektif. Aspek produk, yakni budi pekerti dan kedisiplinan siswa, prestasi guru, kepala sekolah, dan sekolah diketahui bahwa dua sekolah tersebut masuk kategori efektif.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: efektivitas sekolah, manajemen berbasis sekolah
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Divisions: Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 09 Mar 2015 02:47
Last Modified: 09 May 2019 01:09
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12557

Actions (login required)

View Item View Item