Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) pada Sekolah Dasar Negeri di UPT Pelayanan Pendidikan Kecamatan Moyudan Kabupaten Sleman

Muryati, Irene (2014) Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) pada Sekolah Dasar Negeri di UPT Pelayanan Pendidikan Kecamatan Moyudan Kabupaten Sleman. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-irene-muryati-12703259015.swf

Download (33MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengelolaan dana Bantuan Operasional Sekolah yang meliputi: 1) perencanaan, 2) pelaksanaan, 3) pengawasan dan evaluasi, serta 4) pelaporan pada Sekolah Dasar Negeri dengan jumlah siswa sedikit dan jumlah siswa banyak di UPT Pelayanan Pendidikan Kecamatan Moyudan. Jenis penelitian ini adalah studi kasus. Responden penelitian ini yaitu kepala sekolah, bendahara, guru, komite sekolah, dan orang tua siswa pada Sekolah Dasar Negeri yang memiliki jumlah siswa sedikit dan jumlah siswa banyak. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan studi dokumen untuk mengetahui pengelolaan dana BOS. Selanjutnya Studi Dokumen digunakan untuk mengetahui perencanaan, pelaksanaan, pengawasan dan evaluasi, serta pelaporan pengelolaan dana BOS. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) perencanaan pengelolaan dana BOS dilaksanakan di awal tahun pelajaran dengan melibatkan partisipasi warga sekolah kurang optimal. Kedua sekolah telah memprioritaskan anggaran dalam kegiatan kesiswaan serta menerapkan prinsip partisipasi dan transparansi untuk meningkatkan mutu pendidikan. 2) Pelaksanaan yang meliputi: (a) penyaluran dana dilaksanakan di awal triwulan, (b) proses pembukuan dilaksanakan secara rutin, dan (c) prinsip akuntabilitas dan keterbukaan telah dilaksanakan dengan baik. 3) pengawasan melekat dilaksanakan oleh kepala sekolah dan pengawas sekolah dengan memeriksa SPJ BOS setiap triwulan; evaluasi dilakukan dengan mengisi angket pelaksanaan sekali dalam setahun oleh TIM Manajemen BOS Kabupaten. 4) Pelaporan penggunaan dana BOS dalam bentuk SPJ dilaksanakan setiap triwulan kepada Tim Manajemen BOS Kabupaten melalui UPT Pelayanan Pendidikan.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan, Dana Bantuan Operasional Sekolah
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Divisions: Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 09 Mar 2015 02:47
Last Modified: 09 May 2019 01:09
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12545

Actions (login required)

View Item View Item