Pengaruh Penerapan Manajemen Berbasis Sekolah, Pengelolaan Pembelajaran dan Partisipasi Komite Sekolah Terhadap Mutu Pendidikan SD/MI di Kecamatan Limpung Kabupaten Batang

Waluyo, Gunawan Eko (2014) Pengaruh Penerapan Manajemen Berbasis Sekolah, Pengelolaan Pembelajaran dan Partisipasi Komite Sekolah Terhadap Mutu Pendidikan SD/MI di Kecamatan Limpung Kabupaten Batang. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-gunawan-eko-waluyo-12703259005.swf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan manajemen berbasis sekolah, pengelolaan pembelajaran dan partisipasi komite sekolah secara parsial maupun bersama-sama terhadap mutu pendidikan SD/MI di kecamatan limpung kabupaten batang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Populasi penelitian adalah seluruh SD/MI baik negeri maupun swasta di Kecamatan Limpung Kabupaten Batang yang berjumlah 40 SD/MI dengan sampel sejumlah 36, menggunakan teknik kluster (cluster random sampling). Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan angket kepada guru dan kepala sekolah. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear sederhana dan regresi ganda dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan penerapan MBS (r2 = 35,1%), pengelolaan pembelajaran (r2= 11,1%) dan partisipasi komite sekolah (r2= 40,1%) terhadap mutu pendidikan SD/MI di kecamatan Limpung kabupaten Batang, dan secara bersama-sama berpengaruh 58,9%.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: manajemen berbasis sekolah, pengelolaan pembelajaran, komite sekolah, mutu pendidikan
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Divisions: Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 09 Mar 2015 02:48
Last Modified: 09 May 2019 01:08
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12526

Actions (login required)

View Item View Item