KEEFEKTIFAN METODE DEBAT AKTIF DALAM PEMBELAJARAN DISKUSI PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 KUTOWINANGUN

Nurchabibah (2012) KEEFEKTIFAN METODE DEBAT AKTIF DALAM PEMBELAJARAN DISKUSI PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 KUTOWINANGUN. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Nurchabibah_06201241040.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) perbedaan keterampilan diskusi antara siswa yang mendapat pembelajaran diskusi dengan menggunakan metode debat aktif dengan siswa yang mendapat pembelajaran diskusi tanpa menggunakan metode debat aktif pada siswa kelas X SMAN 1 Kutowinangun, dan (2) keefektifan metode debat aktif dalam pembelajaran keterampilan diskusi siswa kelas X SMAN 1 Kutowinangun. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, yaitu eksperimen semu (quasi experimental) dengan desain control group pretest posttes desaign. Variabel dalam penelitian ini ada dua, yaitu variabel bebas yang berupa penggunaan metode debat aktif dan variabel terikat berupa keterampilan diskusi siswa. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Kutowinangun sebanyak 278 siswa. Teknik penyampelan yang digunakan adalah simple random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah 80 siswa. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes diskusi. Validitas instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah validitas isi dengan dikonsultasikan kepada ahlinya (expert judgement). Uji reliabilitas dalam penelitian ini menggunakan Alpha Cronbrach. Hasil penghitungan menunjukkan besarnya reliabilitas instrumen adalah 0, 946 dengan p sebesar 0,000. Teknis analisis data menggunakan uji-t dan uji scheffe. Dari hasil uji statistik dapat diperoleh nilai uji-t dan uji scheffe. Hasil penghitungan uji-t menunjukkan bahwa skor t hitung lebih besar dari t tabel (th : 2,006 > tt : 1,994) pada taraf signifikansi 5% dan db 78 dengan nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,048 pada taraf signifikansi 5%. Hasil penghitungan uji scheffe menunjukkan F hitung lebih besar daripada skor F tabel (Fh : 4,025 > Ft :3, 96) dengan db 78 dan pada taraf signifikansi 5%. Hal ini menunjukkan bahwa (1) ada perbedaan yang signifikan antara keterampilan diskusi siswa yang mendapat pembelajaran diskusi dengan menggunakan metode debat aktif dengan siswa yang mendapat pembelajaran diskusi tanpa menggunakan metode debat aktif, dan (2) pembelajaran diskusi dengan menggunakan metode debat aktif lebih efektif daripada pembelajaran diskusi tanpa menggunakan metode debat aktif.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Virga FBS
Date Deposited: 29 Jun 2012 02:53
Last Modified: 01 Feb 2019 01:12
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/1242

Actions (login required)

View Item View Item