PENINGKATAN KETERAMPILAN BERPIDATO PERSUASI PADA SISWA KELAS XI PM2 SMK NEGERI 1 DEPOK, SLEMAN, YOGYAKARTA MELALUI METODE TWENTY QUESTONS

Moh. Aris Prasetiyanto (2012) PENINGKATAN KETERAMPILAN BERPIDATO PERSUASI PADA SISWA KELAS XI PM2 SMK NEGERI 1 DEPOK, SLEMAN, YOGYAKARTA MELALUI METODE TWENTY QUESTONS. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Moh._Aris_Prasetiyanto_(06201241009).pdf

Download (21MB) | Preview

Abstract

Abstract Penelitian ini dilakukan berdasarkan temuan masalah yang terdapat di kelas XI PM2 SMK Negeri I Depok, Sleman Yogyakarta, yaitu diketahui bahwa keterampialn berpidato persuasi siswa rendah. Hal tersebut dapat dilihat ari perolehan skor rata-rata kelas yang hanya mencapai 28,85. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berpidato persuasi siswa kelas XI PM2 SMK Negeri I Depok, Sleman, Yogyakarta melalui metode Twenty Questions. Subjek Penelitian ini adalah kelas XI PM2 SMK Negeri I Depok, Sleman, Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas. Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap , yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Data diperoleh melalui obervasi, tes keterampilan berpidato persuasi, catatan lapangan, angket, dan wawancara. Keabsahan data diperoleh melalui validitas (demokratik, proses, dan hasil) dan reliabilitas. Kriteria tindakan dilihat dari keberhasilan proses dan keberhasilan produk. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode Twenty Questions dapat meningkatkan keterampilan berpidato persuasi siswa kelas XI PM2 SMK Negeri I Depok, Sleman, Yogyakarta. Peningkatan keterampilan berpidato persuasi tampak pada kualiatas proses pembelajaran yang ditunjukkan oleh siswa aktif, tampil percaya diri, dan memiliki semangat dalam pembelajaran berpidato persuasi. Peningkatan secara produk dapat dilihat dari peningkatan skor dari hasil sebelum pelaksanaan tindakan sebesar 28,85 dan setelah pelaksanaan tindakan pada siklus II menjadi 43,97. Kenaikan skor rata-rata mulai dari pratindakan hingga siklus II sebesar 15,12.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Virga FBS
Date Deposited: 29 Jun 2012 02:03
Last Modified: 01 Feb 2019 01:11
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/1238

Actions (login required)

View Item View Item