Implementasi Pendekatan Reciprocal Teaching (Pembelajaran Terbalik) dan Cooperative Learning (Pembelajaran Kooperatif) Pada Pembelajaran Geometri Guna Meningkatkan Hasil belajar dan Kemandirian Belajar Mahasiswa.

Ali, Mahmudi and Sugiyono and Endah, Retnowati (2006) Implementasi Pendekatan Reciprocal Teaching (Pembelajaran Terbalik) dan Cooperative Learning (Pembelajaran Kooperatif) Pada Pembelajaran Geometri Guna Meningkatkan Hasil belajar dan Kemandirian Belajar Mahasiswa. Seminar Nasional MIPA 2006: Penelitian, Pendidikan, dan Penerapan MIPA serta Peranannya dalam Peningkatan Keprofesionalan Pendidik dan Tenaga Kependidikan. ISSN 979-99314-1-X

[img]
Preview
Text
PM - 1 Ali Mahmudi, dkk.pdf

Download (130kB) | Preview
Official URL: http://fmipa.uny.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan hasil belajar mahasiswa setelah mengikuti kegiatan pembelajaran dengan pendekatan reciprocal teaching dan cooperative learning, (2) mendeskripsikan kemandirian belajar mahasiswa setelah mengikuti kegiatan pembelajaran dengan pendekatan reciprocal teaching dan cooperative learning, (3) mendeskripsikan implementasi pendekatan reciprocal teaching dan cooperative learning dalam kegiatan pembelajaran. Secara rinci akan dideskripsikan mengenai tanggapan mahasiswa terhadap kegiatan pembelajaran, partisipasi atau aktivitas mahasiswa, kemampuan mahasiswa berdiskusi dan mempresentasikan tugas, dan kendala-kendala yang dihadapi dalam mengimplementasikan pendekatan reciprocal teaching dan cooperative learning dalam kegiatan pembelajaran. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika FMIPA UNY yang menempuh mata kuliah Geometri pada semester gasal tahun akademik 2004/2005. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan mengambil langkah-langkah penelitian: perencanaan, implementasi tindakan, observasi, dan refleksi. Kegiatan ini berulang dalam 2 siklus. Untuk memperoleh data penelitian digunakan 2 perangkat pembelajaran dan 5 instrumen penelitian. Perangkat pembelajaran dimaksud adalah rencana perkuliahan dan hand out (diktat). Sedangkan instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi kegiatan pembelajaran, lembar penilaian presentasi mahasiswa, angket kemandirian belajar mahasiswa, angket tanggapan mahasiswa, dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Setelah mengikuti kegiatan pembelajaran dengan pendekatan reciprocal teaching dan cooperative learning, terdapat 62,5% mahasiswa yang telah tuntas belajar. Karena banyaknya mahasiswa yang tuntas belajar kurang dari 75%, maka secara klasikal, mahasiswa belum tuntas belajar. (2) Setelah mengikuti kegiatan pembelajaran dengan pendekatan reciprocal teaching dan cooperative learning, kemandirian belajar mahasiswa dikategorikan baik. (3) Implementasi pendekatan reciprocal teaching dan cooperative learning berjalan dengan baik. Mahasiswa mempunyai tanggapan yang positif terhadap kegiatan pembelajaran. Mahasiswa terlihat antusias dan terlibat aktif dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Kemampuan presentasi mahasiswa dikategorikan baik (memuaskan). Hal yang kurang mendukung implementasi pendekatan ini dalam kegiatan pembelajaran adalah terbatasnya referensi yang tersedia di perpustakaan. Sedangkan terdapatnya mahasiswa yang hanya menumpang nama dalam suatu kelompok dan pengelolaan waktu yang kurang baik sehingga mengkonsumsi waktu dipandang sebagai kelemahan implementasi pendekatan ini. Kata Kunci: Reciprocal Teaching, Cooperative Learning, dan Kemandirian belajar

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Reciprocal Teaching, Cooperative Learning, dan Kemandirian belajar
Subjects: Prosiding > Seminar Nasional MIPA 2006
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Matematika
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 13 Feb 2015 07:09
Last Modified: 08 Mar 2019 06:16
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/11992

Actions (login required)

View Item View Item