PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS DESKRIPSI DENGAN TEKNIK BRAINSTORMING DAN REVISI TEMAN SEBAYA (PEER EDITING) PADA SISWA KELAS X3 SMA NEGERI 1 SENTOLO KULON PROGO

Fajriah, Astin (2012) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS DESKRIPSI DENGAN TEKNIK BRAINSTORMING DAN REVISI TEMAN SEBAYA (PEER EDITING) PADA SISWA KELAS X3 SMA NEGERI 1 SENTOLO KULON PROGO. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
ASTIN_F.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran menulis deskripsi dengan menggunakan teknik brainstorming dan revisi teman sebaya (peer editing) dan (2) mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis deskripsi siswa kelas X3 SMA Negeri 1 Sentolo Kulon Progo dengan teknik brainstorming dan revisi teman sebaya (peer editing). Subjek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas X3 SMA Negeri 1 Sentolo Kulon Progo yang berjumlah 32 siswa. Model penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Prosedur pelaksanaan tindakan dan implementasi tindakan di lokasi penelitian terbagi dalam dua siklus. Tiap-tiap siklus dilakukan sebanyak tiga kali pertemuan. Penelitian ini difokuskan pada permasalahan yang berkaitan dengan peningkatan keterampilan menulis deskripsi dengan teknik brainstorming dan revisi teman sebaya (peer editing). Data diperoleh melalui (1) angket, (2) lembar pengamatan, (3) catatan lapangan, (4) wawancara, dan (5) dokumentasi yang berupa tugas-tugas siswa dan foto kegiatan selama penelitian. Teknik analisis data dilakukan dengan teknik deskripsi kualitatif dan kuantitatif. Kriteria keberhasilan yang dicapai siswa dalam penelitian ini dilihat dari adanya perubahan ke arah yang lebih baik dan meningkatnya tindak belajar serta hasil dalam praktik menulis deskripsi. Keberhasilan ini dilihat dari dua kriteria, yaitu keberhasilan proses dan produk. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut. Pertama, penggunaan teknik brainstorming dan revisi teman sebaya (peer editing) mampu meningkatkan kualitas pembelajaran menulis deskripsi. Adanya perubahan positif dari siswa menjadikan pembelajaran menulis deskripsi lebih menarik, menyenangkan, meningkatkan semangat, motivasi, serta keaktifan siswa maupun guru dalam pembelajaran. Kedua, pembelajaran menulis deskripsi dengan teknik brainstorming dan revisi teman sebaya (peer editing) dapat meningkatkan hasil keterampilan menulis deskripsi. Hal ini terlihat dari skor rata-rata keterampilan menulis deskripsi sebelum diberi tindakan (pratindakan) adalah 65,81 sedangkan setelah diberi tindakan pada akhir Siklus II skor rata-rata menjadi 82,87. Hal tersebut menunjukkan adanya peningkatan sebesar 17,06 atau sebesar 25,92%. Secara keseluruhan pada akhir Siklus II semua aspek dan kriteria menulis deskripsi mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Berdasarkan hasil penelitian di atas, diketahui bahwa penggunaan teknik brainstorming dan revisi teman sebaya (peer editing) dinilai berhasil dan dapat meningkatkan keterampilan menulis deskripsi siswa kelas X3 SMA Negeri 1 Sentolo Kulon Progo.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Virga FBS
Date Deposited: 28 Jun 2012 04:31
Last Modified: 31 Jan 2019 13:16
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/1196

Actions (login required)

View Item View Item