Pengembangan Subject-Spesific Pedagogy Tematik untuk Meningkatkan Karakter Tanggungjawab dan Disiplin Siswa Kelas III SD

Kharuniastuti, kharuniastuti (2014) Pengembangan Subject-Spesific Pedagogy Tematik untuk Meningkatkan Karakter Tanggungjawab dan Disiplin Siswa Kelas III SD. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-khairuniastuti-12712259004.swf

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran terpadu berupa Subject Spesific Pedagogy (SSP) Tematik yang dapat meningkatkan karakter siswa kelas III sekolah dasar terutama karakter tanggungjawab dan disiplin. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan, yang tahapannya terdiri dari: (1) penelitian dan pengumpulan data, (2) perencanaan, (3) pengembangan draft produk, (4) uji coba lapangan awal, (5) revisi hasil uji coba, (6) uji coba lapangan, (7) penyempurnaan produk hasil uji coba lapangan, (8) uji pelaksanaan lapangan, dan (9) penyempurnaan produk akhir. Subjek uji coba adalah siswa kelas III SD Kasongan dan SD Sonosewu Kasihan Bantul Yogyakarta. Subjek uji coba satu-satu terdiri atas 4 siswa SD Kasongan dan subjek uji coba kelompok kecil terdiri atas 10 siswa SD Kasongan yang belum terlibat dalam uji coba satu-satu dan subjek uji lapangan terdiri atas 28 siswa kelas III SD Sonosewu. Hasil penelitian ini berupa SSP yang meliputi: silabus, RPP, materi ajar dan LKS, dan instrumen penilaian. Hasil penilaian menunjukkan bahwa silabus yang dikembangkan berkategori “baik”. RPP yang dikembangkan berkategori “sangat baik”, materi ajar dan LKS yang dikembangkan berkategori “sangat baik” dan instrumen penilaian yang dikembangkan berkategori “sangat baik”. Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa SSP yang dikembangkan berkategori “baik” dan “sangat baik”. Keterlaksanaan SSP dalam kegiatan pembelajaran baik dalam uji coba satu-satu, uji coba kelompok kecil dan uji lapangan secara keseluruhan dapat dikategorikan terlaksana dengan “sangat baik”. Hasil uji lapangan juga menunjukkan bahwa SSP yang digunakan terbukti efektif untuk meningkatkan pemahaman dan karakter tanggungjawab dan disiplin siswa.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pengembangan, SSP, tematik, kara kter
Subjects: Pendidikan > Aspek Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 19 Jan 2015 02:45
Last Modified: 08 May 2019 15:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/11825

Actions (login required)

View Item View Item