Keefektifan Pendekatan Konstruktivisme Menggunakan Metode Eksperimen dalam Proses Pembelajaran terhadap Keterampilan Proses Sains dan Prestasi Belajar Fisika Peserta Didik di SMA N 1 Prambanan Klaten

Artanti, lija oktya (2013) Keefektifan Pendekatan Konstruktivisme Menggunakan Metode Eksperimen dalam Proses Pembelajaran terhadap Keterampilan Proses Sains dan Prestasi Belajar Fisika Peserta Didik di SMA N 1 Prambanan Klaten. S2 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
abstrak-lija-oktya-artanti.pdf

Download (186kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan pendekatan konstruktivisme dan konvensional dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan proses sains dan prestasi belajar fisika peserta didik kelas X di SMA N 1 Prambanan. Penelitian ini merupakan penelitian quasi-experiments. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X SMA N 1 Prambanan dengan sampel kelas XF berupa pembelajaran fisika melalui pendekatan konstruktivisme dengan metode eksperimen dan kelas XE berupa pembelajaran fisika melalui pendekatan konvensional dengan metode demonstrasi. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes yaitu keterampilan proses sains dan prestasi belajar fisika peserta didik. Pengumpulan data keterampilan proses sains dan prestasi belajar fisika peserta didik dilakukan melalui pretest dan posttest. Uji prasyarat terdiri dari uji normalitas yang bertujuan untuk mengetahui apakah populasi berdistribusi normal atau tidak dengan menggunakan pendekatan univariat yaitu uji Kolmogorov Smirnov. Uji homogenitas bertujuan untuk mengetahui apakah populasi mempunyai varians yang sama atau tidak dengan menggunakan uji Box’M dan uji Levene’s test dan uji korelasi dengan menggunakan Pearson Product Moment. Untuk menyelidiki ada atau tidaknya perbedaan yang signifikan pada aspek keterampilan proses sains dan prestasi belajar fisika peserta didik pada proses pembelajaran fisika dengan menggunakan pendekatan konstruktivisme dan pendekatan konvensional menggunakan uji Manova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) proses pembelajaran fisika melalui pendekatan konstruktivisme efektif untuk meningkatkan keterampilan proses sains peserta didik kelas X di SMA N 1 Prambanan, (2) proses pembelajaran fisika melalui pendekatan konstruktivisme efektif untuk meningkatkan prestasi belajar fisika peserta didik kelas X di SMA N 1 Prambanan dan (3) pembelajaran fisika melalui pendekatan konstruktivisme lebih efektif dibandingkan dengan pendekatan konvensional terhadap keterampilan proses sains dan prestasi belajar fisika peserta didik kelas X di SMA N 1 Prambanan.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 10 Dec 2014 04:44
Last Modified: 08 May 2019 15:21
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/11653

Actions (login required)

View Item View Item