Pengembangan Media Berbantuan Komputer Berbasis Masalah Pada Pembelajaran Biologi Tentang Limbah dan Pengaruhnya Terhadap Kemampuan Peserta Didik Dalam Memecahkan Masalah Di SMA Negeri 1 Magelang Kelas X Semester II

Maspiroh, Iyoh (2013) Pengembangan Media Berbantuan Komputer Berbasis Masalah Pada Pembelajaran Biologi Tentang Limbah dan Pengaruhnya Terhadap Kemampuan Peserta Didik Dalam Memecahkan Masalah Di SMA Negeri 1 Magelang Kelas X Semester II. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-iyoh-maspiroh-11708251035.swf

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan mediapembelajaran berbantuan komputer berbasismasalahpadapembelajaran biologi tentanglimbah, dan (2) mengetahuikefektifanpenggunaanmediapembelajaran berbantuan komputer berbasismasalahterhadapkemampuanpesertadidikdalammemecahkanmasalah. Penelitian ini merupakan Research and Developpment (Penelitian dan Pengembangan) dengan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari beberapa tahapan yaitu analyse (analisis), design (perancangan), develop (pengembangan), implemetation (pengimplemetasian), dan evaluation (evaluasi). Tahap analisis adalah tahap studi lapangan, studi pustaka, dan analisis perangkat pembelajaran yang digunakan. Tahap perancangan adalah tahap merancang media, membuat flowchart dan storyboard, serta membuat perangkat pembelajaran. Tahap pengembangan adalah mewujudkan media dalam bentuk CD, validasi media oleh ahli materi, ahli pembelajaran, teman sejawat, pendidik biologi, uji coba terbatas dan uji coba lapangan. Penelitian pengembangan ini hanya dilakukan sampai pada tahap pengembangan media. Hal ini dikarenakan hasil penelitian ini tidak disebarkan pada sekolah lain selain tempat peneliti yaitu SMA Negeri 1 Kota Magelang. Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X SMA Negeri 1 magelang. Data dikumpulkan melalui kuesioner/angket, observasi, dan tes kemampuan memecahkan masalah (problem solving). Hasil penelitian ini menunjukkan sebagai berikut: (1) pengembangan media pembelajaran berbantuan komputer (CAI) berbasis masalah dilaksanakan sesuai dengan prosedur pengembangan, (2) media pembelajaran berbantuan komputer (CAI) berbasis masalah yang digunakan sebagai media pembelajaran atau alat bantu dalam proses pembelajaran efektifdigunakanuntukmelatihkemampuanpemecahanmasalah. Hal ini terlihat pada modus dan rata-rata nilai yang diperoleh kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Selain itu juga terlihat pada pengujian anakova yang dilanjutkan dengan uji-t pada taraf signifikansi 0,05 diperoleh hasil bahwa media pembelajaran yang digunakan di kelas eksperimen mampu menunjukkan prestasi lebih dibanding pembelajaran biasa yang dilakukan di kelas kontrol. .

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran berbantuan komputer (CAI) berbasis masalah, kemampuan memecahkan masalah (problem solving)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Pendidikan > Media Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 10 Dec 2014 04:42
Last Modified: 08 May 2019 15:21
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/11652

Actions (login required)

View Item View Item