Penyusunan Komik Pembelajaran Ekosistem Mangrove untuk Menumbuhkan Kepedulian Peserta Didik terhadap Lingkungan di SMA Negeri 8 Kota Cirebon

Isnaeni, Isnaeni (2013) Penyusunan Komik Pembelajaran Ekosistem Mangrove untuk Menumbuhkan Kepedulian Peserta Didik terhadap Lingkungan di SMA Negeri 8 Kota Cirebon. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-isnaeni-11708251044.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui kelayakan media komik pembelajaran ekosistem mangrove berdasarkan penilaian validator; dan 2) mengetahui pengaruh penggunaan media komik pembelajaran ekosistem mangrove dalam menumbuhkan kepedulian peserta didik terhadap lingkungan. Penelitian ini adalah jenis Research and Development (R&D). Pengembangan dilakukan mengacu pada model Borg and Gall dengan 7 tahapan yang dilakukan dari 10 tahapan yang direkomendasikan. Tujuh tahapan itu yaitu: (1) penelitian dan mengumpulkan data; (2) perencanaan; (3) Pengembangkan draf; (4) Uji coba terbatas; (5) Merevisi model awal; (6) Uji coba lapangan; (7) Melakukan revisi produk. Kelayakan produk ditinjau dari aspek materi meliputi kelayakan isi (materi), visual, dan bahasa yang divalidasi oleh dua ahli materi dan dua orang praktisi pendidkan. Kelayakan produk ditinjau dari aspek media meliputi keterbacaan teks, kualitas gambar, keserasian warna, tata letak, dan interaksi divalidasi oleh satu ahli media dan dua praktisi pendidikan. Sebagai subjek coba, peneliti memilih peserta didik kelas XI IPA 4 SMA Negeri 8 Kota Cirebon, berjumlah 38 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar angket, lembar observasi, dan test (pretes dan posttest). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelayakan media komik pembelajaran ekosistem mangrove berdasarkan penilaian ahli serta praktisi pendidikan secara keseluruhan memiliki kualitas baik dan juga respon siswa sangat baik serta dapat membantu menumbuhkan kepedulian peserta didik terhadap lingkungan dan hal-hal yang menjadi permasalahnnya, baik secara kognitif, afektif dan psikomotor. Secara kognitif ditunjukkan melalui nilai gain score dari hasil belajar peserta didik, yakni 0,8 dengan kategori tinggi. Aspek afektif dan psikomotor ditunjukkan melalui hasil observasi sikap, tanggungjawab, keterampilan serta partisipasi peserta didik terhadap Pendidikan Lingkungan Hidup (PLH). Partisipasi serta keterlibatan peserta didik dalam PLH dinilai sudah baik dengan persentase keterlaksanan 66,40%. Persentase keterlaksanaan sikap, tanggung jawab sebesar 48,40% dan keterampilan sebesar 41,60% dengan kategori cukup baik. Hasil tersebut itu akan tumbuh secara optimal dan lebih baik dengan proses pembiasaan (habituasi) yang konsisten. Dapat disimpulkan bahwa bahwa media komik pembelajaran hasil penyusunan layak dijadikan alternatif media untuk menumbuhkan kepedulian peserta didik.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Komik Pembelajaran, Pendidikan Lingkungan, Mangrove, Kepedulian
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Pendidikan > Media Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 10 Dec 2014 04:43
Last Modified: 08 May 2019 15:21
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/11651

Actions (login required)

View Item View Item