Pengaruh Pendekatan Contextual Teaching and Learning terhadap Kualitas Pembelajaran IPA di SMPN 4 Randublatung

Purnawanto, Ahmad Teguh (2013) Pengaruh Pendekatan Contextual Teaching and Learning terhadap Kualitas Pembelajaran IPA di SMPN 4 Randublatung. S2 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
abstrak-ahmad-teguh-purnawanto.pdf

Download (108kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap (1) kemampuan pemahaman konsep IPA dan (2) kualitas proses pembelajaran IPA. Penelitian ini merupakan eksperimen semu dengan variabel bebas pendekatan CTL, dan variabel terikat meliputi (1) kemampuan pemahaman konsep IPA dan (2) kualitas proses pembelajaran IPA. Pengambilan data untuk kemampuan pemahaman konsep IPA dilakukan dengan menggunakan tes objektif, kualitas proses pembelajaran IPA dengan lembar obsevasi tujuh komponen kualitas pembelajaran CTL berbentuk rating scale dari Likert. Validitas instrumen dilakukan dengan Item and Test Analysis. Data dianalisis dengan menggunakan t-test dan uji Mann Whitney. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMP 4 Randublatung Kabupaten Blora dan sebagai sampel adalah kelas VII-B dan VII-C yang dipilih secara acak dengan teknik cluster sampling. Desain eksperimen yang digunakan pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol adalah randomized control-group pretest-postest design”. Perlakuan eksperimen menerapkan pendekatan CTL. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) ada pengaruh yang signifikan pendekatan CTL terhadap kemampuan pemahaman konsep IPA, dengan t = 4,189, pada α = 0,05; (2) ada pengaruh yang signifikan pendekatan CTL terhadap kualitas proses pembelajaran IPA, dengan Uji-Mann Whitney, p-value = 0,000 pada α = 0,05. Dari hasil perhitungan tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan CTL berpengaruh nyata terhadap peningkatan kemampuan pemahaman konsep IPA dan kualitas proses pembelajaran IPA kelas VII di SMP 4 Randublatung.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Contextual Teaching and Learning, pemahaman konsep IPA, kualitas pembelajaran IPA
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 19 Mar 2015 00:50
Last Modified: 08 May 2019 15:21
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/11637

Actions (login required)

View Item View Item