Ramdani, Zuhut (2013) IntegrasiPendidikanKarakterdalamPembelajaran IPS di Madrasah TsanawiyahNegeri (MTsN) Model Selong Lombok Timur. S2 thesis, UNY.
![]() |
Text
tesis-zuhut-ramdani-11705251009.swf Download (6MB) |
Abstract
Penelitianinibertujuanuntukmengetahuipengintegrasianpendidikankarakterdalampembelajaran IPS di MTsN Model Selongdanjuga proses yang dilakukandalammengintegrasikanpendidikankarakter.Penelitianinijugauntukmengetahuifaktorpendukungdanpenghambatpengintegrasianpendidikankarakterdalampembelajaran IPS di MTsN Model Selong. Penelitianinimerupakanpenelitiankualitatif.Tempatpenelitian di MTsN Model Selong.WaktupenelitiandaribulanFebruarisampai Mei 2013.Subjekpenelitianiniadalahparasiswadan guru IPS yang mengajar di kelas VII dan VIII.Fokuspenelitaniniadalahpengintegrasianpendidikankarakterdalampembelajaran IPS.Teknikpengumpulan data menggunakanobservasi, wawancara, dandokumentasi.Instrumenpenelitiannyaadalahpenelitisendiridibantudenganlembarobservasidancatatanlapangan.Teknikpemeriksaankeabsahan data menggunakantriangulasi.Analisis data menggunakananalisisinteraktifdenganlangkah-langkahreduksi data, penyajian data, danpenarikankesimpulan. Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa: 1) Para guru di MTsN Model Selong Lombok Timursudahmengintegrasikan 18 nilaikaraktersesuaidenganamanah UU Sisdiknas No 20 Tahun 2003 yang di komparasidengan UU No 2 Tahun 2010 yang meliputi: religius, toleransi, menghargaiprestasi, demokratis, bersahabat/komunikatif, pedulilingkungan, tanggungjawab, semangatkebangsaan, cintatanah air, rasa ingintahu, disiplin, kerjakeras, kreatif, gemarmembaca, pedulisosial, jujur, mandiri, dancintadamai. Nilai-nilaitersebutsudahterdistribusikedalammateridankegiatanpembelajaran IPS. 2) Proses integrasipendidikankarakterdiupayakan guru melaluimateridankegiatanpembelajaran IPS. Untukmemaksimalkan proses integrasipendidikankarakterdalampembelajaran IPS, para guru menerapkanberbagaimetode di antaranyametodeceramahbervariasi, metodediskusi, metodebermainperan, danmetodetanyajawab. 3) faktorpendukungpengintegrasianpendidikankarakterdalampembelajaran IPS adalah: a) metodepembelajaran yang bervariasi,b) pembelajaran IPS sangatdekatdengankehidupannyatasiswa, c) tenagapendidik yang sudahbersertifikat guru profesional, d) pemahaman guru tentangpendidikankaraktercukupbaik, e) evaluasi yang selaludiadakanolehkepalasekolahdalam proses belajar-mengajar, dan f) saranadanprasarana yang tersediacukupmemadai. Adapunfaktorpenghambatnya: a) minatsiswa yang rendahterhadappelajaran IPS, b) materi-materi IPS yang sangatkompleks, dan c) jam pelajaran yang tersediasangatterbatas. Olehsebabitu, diusulkanoptimalisasisetiapinstrumen proses belajar-mengajar IPS.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | integrasi, pendidikan karakter, pembelajaran IPS |
Subjects: | Ilmu Sosial > Kebudayaan |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan IPS |
Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
Date Deposited: | 20 Aug 2014 05:24 |
Last Modified: | 08 May 2019 15:18 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/11213 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |