Hubungan Pemberdayaan Guru, Persepsi Terhadap Visi-Misi Sekolah dan Budaya Kerja dengan Motivasi Kenaikan Pangkat Guru Sekolah Dasar Negeri Se-kecamatan Pengasih, Kabupaten Kulon Progo

Purwantari, Teguh (2012) Hubungan Pemberdayaan Guru, Persepsi Terhadap Visi-Misi Sekolah dan Budaya Kerja dengan Motivasi Kenaikan Pangkat Guru Sekolah Dasar Negeri Se-kecamatan Pengasih, Kabupaten Kulon Progo. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-teguh-purwantari-10703254010.swf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui:seberapa besar (1) hubungan antara pemberdayaan guru dengan motivasi kenaikan pangkat guru; (2) hubungan antara persepsi terhadap visi misi sekolah dengan motivasi kenaikan pangkat guru; (3) hubungan antara budaya kerja dengan motivasi kenaikan pangkat guru; dan (4) hubungan antara pemberdayaan guru, persepsi terhadap visi dan misi sekolah dan budaya kerja dengan motivasi kenaikan pangkat guru pada guru-guru Sekolah Dasar Negeri se-kecamatan Pengasih, Kabupaten Kulon Progo. Penelitian merupakan penelitian expost facto, dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru SD Negeri yang ada di Kecamatan Pengasih yang telah menduduki golongan IV/a ke atas, sebanyak 223 guru. Adapun sampel diambil sebanyak 135 guru dengan cara simple random sampling. Uji coba instrumen dilakukan terhadap 32 guru dan membuktikan bahwa semua instrumen pada penelitian ini memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Data dianalisis mengggunakan analisis deskriptif, regresi sederhana, regresi ganda (multiple regression), Proses analisis data digunakan bantuan software komputer dengan tingkat kesalahan 5%. Hasil penelitian sebagai berikut. (1) Ada hubungan positif dan signifikan antara pemberdayaan guru (X1) dengan motivasi kenaikan pangkat guru pada guru-guru SD Negeri se- kecamatan Pengasih Kabupaten Kulon Progo, nilai korelasi sebesar 0,535 dan nilai p< 0,05. (2) Ada hubungan positif dan signifikan antara persepsi terhadap visi dan misi sekolah (X2) dengan motivasi kenaikan pangkat guru pada guru-guru SD Negeri se-kecamatan Pengasih Kabupaten Kulon Progo, nilai korelasi sebesar 0,470 dan nilai p<0,05. (3) Ada hubungan positif dan signifikan antara budaya kerja (X3) dengan motivasi kenaikan pangkat guru pada guru SD Negeri se-kecamatan Pengasih Kabupaten Kulon Progo nilai korelasi sebesar 0,478 dan nilai nilai p<0,05. (4) Ada hubungan positif dan signifikan masing-masing variable (X1, X2, X3) secara bersama-sama dengan motivasi kenaikan pangkat (Y) pada guru-guru SD Negeri se-kecamatan Pengasih Kabupaten Kulon Progo. Nilai korelasi sebesar 0,663 dan nilai p<0,05. Pemberdayaan guru memberikan sumbangan sebesar 28,0%, persepsi terhadap visi dan misi sekolah sebesar 21,5%, budaya kerja sebesar 22,3%, dan secara bersama-sama sebesar 42,7% terhadap motivasi kenaikan pangkat guru se-kecamatan Pengasih Kabupaten Kulon Progo.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: motivasi kenaikan pangkat, pemberdayaan, visi-misi, budaya kerja
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 25 Apr 2014 00:38
Last Modified: 08 May 2019 14:40
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/10940

Actions (login required)

View Item View Item