UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MATHEMATICAL COMMUNICATION MAHASISWA KELAS INTERNASIONAL PADA PERKULIAHAN ANALYTIC GEOMETRY DENGAN PENDEKATAN OPEN-ENDED

Sugiyono, . and Sugiman, Sugiman and Himmawati Puji, Lestari (2013) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MATHEMATICAL COMMUNICATION MAHASISWA KELAS INTERNASIONAL PADA PERKULIAHAN ANALYTIC GEOMETRY DENGAN PENDEKATAN OPEN-ENDED. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika. ISSN 978 – 979 – 16353 – 9 – 4

[img]
Preview
Text
P - 93.pdf

Download (57kB) | Preview
Official URL: http://uny.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis (mathematical communication) mahasiswa kelas internasional pada perkuliahan Analytic Geometry dengan pendekatan open-ended. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus yang setiap siklusnya terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, dan refleksi. Perangkat pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah Rencana Pelaksanaan Perkuliahan (RPP) dan Lembar Kegiatan Mahasiswa (LKM). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket tanggapan mahasiswa terhadap pembelajaran dengas kemampuan komunikasi matematis, Lembar Observasi Pembelajaran, dan catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan pendekatan open-ended dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematika mahasiswa. Hal ini dapat dilihat dari skor kemampuan komunikasi matematika yang meningkat dari 44,51 pada siklus I menjadi 60,80 di siklus II, yaitu dari kriteria kurang menjadi cukup. Kata kunci : mathematical communication, Analytic Geometry, pendekatan Open-ended

Item Type: Article
Subjects: Prosiding > Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 2013
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika
Depositing User: Jurusan Pendidikan Matematika
Date Deposited: 09 Dec 2013 21:14
Last Modified: 09 Dec 2013 21:14
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/10816

Actions (login required)

View Item View Item