PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF MATA KULIAH TEORI BILANGAN DENGAN MODEL REOG UNTUK MENINGKATKAN KONSEP DAN EFIKASI DIRI MAHASISWA

Urip, Tisngati and Khoirul, Qudsiyah (2013) PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF MATA KULIAH TEORI BILANGAN DENGAN MODEL REOG UNTUK MENINGKATKAN KONSEP DAN EFIKASI DIRI MAHASISWA. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika. ISSN 978 – 979 – 16353 – 9 – 4

[img]
Preview
Text
P - 80.pdf

Download (141kB) | Preview
Official URL: http://uny.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan model REOG berbasis multimedia interaktif sebagai suatu peningkatan konsep diri dan efikasi mahasiswa pada mata kuliah teori bilangan. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan pada bulan April s.d. Juni 2013, mahasiswa semester genap, program studi pendidikan matematika kelas A dan B sebanyak 81 mahasiswa di STKIP PGRI Pacitan tahun akademik 2012/2013. Penilaian peserta didik berupa hasil tes pada tiap siklus, angket konsep, dan efikasi diri mahasiswa terhadap kegiatan pembelajaran selama penelitian berlangsung. Hasil angket konsep diri mahasiswa menunjukkan peningkatan tiap variabel dan secara kolektif. Subyek kelas A, siklus 1 pada kategori tinggi (36%), sedang (64%), mengalami kenaikan pada kondisi awal, yaitu kategori tinggi 13%, sedang 82%, dan kategori rendah 5%. Pada siklus dua mengalami peningkatan menjadi 87% (tinggi) dan 13% (sedang). Pada subyek kelas B, 19 % kategori tinggi dan 81% kategori sedang. Terdapat kenaikan pada siklus 1 menjadi 33% kategori tinggi dan 67% kategori sedang. Pada siklus 2, terdapat kenaikan signifikan pada kategori tinggi menjadi 90% dan 10% kategori sedang. Hasil angket efikasi diri menunjukkan data awal pada kelas A, 13% dengan efikasi diri tinggi, 64% kategori sedang, dan 23% kategori rendah. Pada siklus pertama terdapat 44% kategori tinggi dan 56 % kategori efikasi diri sedang. Data ini meningkat menjadi 97% mahasiswa pada kategori tinggi dan 3% kategori sedang. Data kelas B, angket efikasi diri menunjukkan hasil pada data awal 33% memiliki efikasi tinggi, 46% dengan kategori sedang, dan 21% adalah kategori rendah. Pada siklus pertama terdapat peningkatan efikasi diri menjadi 62% pada kategori tinggi, 36% pada kategori sedang, dan 2% masih memiliki efikasi rendah. Siklus kedua, yaitu sebesar 98% mahasiswa memiliki efikasi diri tinggi, dan sisanya 2% adalah mahasiswa dengan efikasi diri sedang. Pada penilaian performansi berupa hasil tes kognitif mahasiswa kelas A, terhadap materi, pada kondisi awal menunjukkan rata-rata 62, kelas B reratanya 59. Selanjutnya pada siklus pertama untuk kelas A rata-ratanya naik menjadi 78 sedangkan kelas B hanya naik menjadi 69. Peningkatan performansi terlihat pada siklus kedua setelah diperoleh nilai rata-rata 85 (kelas A) dan 82 (kelas B Kata kunci: teori bilangan, REOG, konsep diri, efikasi diri

Item Type: Article
Subjects: Prosiding > Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 2013
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika
Depositing User: Jurusan Pendidikan Matematika
Date Deposited: 09 Dec 2013 21:14
Last Modified: 09 Dec 2013 21:14
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/10803

Actions (login required)

View Item View Item