PENGEMBANGAN WEBSITE BERORIENTASI BRAIN-BASED LEARNING SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS MAHASISWA

Nuriana Rachmani Dewi , (Nino Adhi) (2013) PENGEMBANGAN WEBSITE BERORIENTASI BRAIN-BASED LEARNING SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS MAHASISWA. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika. ISSN 978 – 979 – 16353 – 9 – 4

[img]
Preview
Text
P - 58.pdf

Download (243kB) | Preview
Official URL: http://uny.ac.id

Abstract

Matematika adalah mata pelajaran yang diajarkan dari jenjang Sekolah Dasar (SD) sampai Pergurunan Tinggi. Tujuan mempelajari matematika adalah untuk memberikan tekanan pada penataan nalar dan pembentukan sikap peserta didik serta juga memberi tekanan pada keterampilan dalam penerapan matematika. Pembelajaran matematika di perguruan tinggi bukan hanya menghafal atau menerapkan secara sederhana rumus matematika yang telah diketahui saja, namun memerlukan Kemampuan Berpikir Matematis Tingkat Tinggi yang akan bermanfaat untuk diri mahasiswa. Salah satu bagian dari Kemampuan Berpikir Matematis Tingkat Tinggi adalah kemampuan pemecahan masalah matematis yang merupakan suatu alat yang penting untuk matematika dan kehidupan sehari-hari. Dengan membekali mahasiswa dengan kemampuan pemecahan masalah matematis yang baik diharapkan mahasiswa dapat menggunakannya untuk menyelesaikan berbagai masalah (masalah matematis maupun masalah dalam kehidupan sehari-hari) yang dihadapi baik saat masih menjadi mahasiswa ataupun setelah lulus nantinya. Brain- Based Learning adalah suatu pembelajaran yang memaksimalkan kerja otak. Dengan brain-based learning, kerja otak manusia dapat dioptimalkan sehingga kemampuan pemecahan masalah matematis mahasiswa diharapkan juga dapat berkembang secara optimal. Penggunaan website sangat membantu dalam pembelajaran. Website membuat pembelajaran dapat diakses kapan saja, di mana saja dan oleh siapa saja. Pendayagunaan komputer dan website dalam pembelajaran matematika juga sangat bermanfaat, bukan hanya sebagai alat dalam penyelesaian masalah-masalah matematika, tetapi juga memberikan bantuan tentang cara penyampaian materi matematika itu sendiri dengan cara-cara yang menarik, menantang dan memperhatikan perbedaan individual peserta didik. Selain itu dengan penyampaian masalah dengan menggunakan website dan komputer dapat lebih “hidup”, serta membantu peserta didik mengaitkan matematika dengan kehidupan sehari-hari. Kata kunci: Website, Brain- Based Learning, Pemecahan Masalah Matematis

Item Type: Article
Subjects: Prosiding > Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 2013
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika
Depositing User: Jurusan Pendidikan Matematika
Date Deposited: 09 Dec 2013 21:14
Last Modified: 09 Dec 2013 21:14
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/10781

Actions (login required)

View Item View Item