Pengembangan Media Pembelajaran Simulator PLC OMRON CPM2A Berbasis Komputer Menggunakan Visual Basic Di SMK Negeri 3 Wonosari

Ari Kresna Wisnu , Nenggar (2013) Pengembangan Media Pembelajaran Simulator PLC OMRON CPM2A Berbasis Komputer Menggunakan Visual Basic Di SMK Negeri 3 Wonosari. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
Jurnal.pdf

Download (266kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah (1) mengembangkan suatu produk yang berupa media pembelajaran simulator PLC OMRON CPM2A berbasis komputer menggunakan visual basic di SMK Negeri 3 Wonosari, (2) mengetahui tahapan pengembangan dan kelayakan dari media pembelajaran simulator PLC OMRON CPM2A berbasis komputer sesuai dengan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) di SMK Negeri 3 Wonosari. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan (Research and Development). Pengembangan produk media pembelajaran simulator PLC OMRON CPM2A berbasis komputer menggunakan visual basic melalui beberapa tahap, yaitu (1) studi pendahuluan; (2) perencanaan; (3) pengembangan produk awal; (4) revisi desain; (5) uji coba lapangan awal; (6) revisi I; (7) uji coba lapangan utama; (8) revisi II; (9) uji coba lapangan operasional; (10) revisi produk akhir; dan (11) penyempurnaan produk. Penelitian ini dilakukan pada Siswa kelas XI Jurusan Teknik Elektronika Industri SMK Negeri 3 Wonosari. Data dikumpulkan dengan menggunakan Instrumen berupa angket. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis kualitatif dan kuantitatif untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran simulator PLC OMRON CPM2A berbasis komputer. Hasil penelitian ini adalah media pembelajaran yang dihasilkan berupa produk berbentuk media pembelajaran simulator PLC OMRON CPM2A berbasis komputer. Berdasarkan silabus, standar kompetensi dan kompetensi dasar materi-materi kemudian Produk dikembangkan menjadi tiga (3) bagian, yaitu (1) form konsol untuk penulisan program PLC; (2) form simulator untuk melihat hasil program PLC yang telah dibuat; (3) lembar kerja praktikum untuk tiga (3) kali pertemuan. Uji kelayakan terhadap media pembelajaran simulator PLC OMRON CPM2A berbasis komputer yang dikembangkan, menurut penilaian dosen ahli materi 1 memperoleh persentase keseluruhan sebesar 80,8 % dengan kriteria penilaian sangat layak, penilaian ahi materi 2 memperoleh persentase keseluruhan 77,9 % dengan kriteria penilaian sangat layak, dari ahli media 1 memperoleh persentase keseluruhan sebesar 91% dengan kriteria penilaian sangat layak,dan lembar kerja praktikum memperoleh persentase sebesar 90,2% dengan kategori sangat layak, dari ahli media 2 memperoleh persentase keseluruhan sebesar 75 % dengan kriteria penilaian layak, untuk lembar kerja praktikum mendapatkan persentase sebesar 75 % dengan kategori layak, dan dari uji lapangan memperoleh persentase keseluruhan sebesar 81,8 % dengan kriteria penilaian sangat layak. Standar kelayakan media pembelajaran apabila keseluruhan tidak kurang dari standar minimal yaitu layak. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaaran simulator PLC OMRON CPM2A berbasis computer sudah layak untuk digunakan di SMK Negeri 3 Wonosari.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektronika
Depositing User: Users 1141 not found.
Date Deposited: 12 Jun 2013 01:10
Last Modified: 29 Jan 2019 18:42
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/10535

Actions (login required)

View Item View Item