PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN KESEHATAN REPRODUKSI REMAJA DENGAN MENGGUNAKAN ADOBE FLASH

Rosyida , Ramadhani (2013) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN KESEHATAN REPRODUKSI REMAJA DENGAN MENGGUNAKAN ADOBE FLASH. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Jurnal.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengembangkan sebuah multimedia pembelajaran tentang kesehatan reproduksi remaja dengan menggunakan software Adobe Flash. Multimedia pembelajaran ini merupakan media berbasis komputer yang menggunakan aspek-aspek multimedia ( teks, gambar, suara, animasi, video, dll) yang dirakit sedemikian rupa untuk menjadikannya sebuah tutorial dan evaluasi terhadap materi kesehatan reproduksi remaja. Multimedia pembelajaran ini diharapkan dapat menjadi salah satu media pembelajaran berbasis komputer tentang kesehatan reproduksi, yang layak dan dengan materi yang sesuai untuk remaja. Pengembangan multimedia pembelajaran ini menggunakan metode Research and Development yang terdiri dari 8 tahap yaitu tahap analisis terhadap kebutuhan, pengumpulan obyek perancangan media, mengembangkan produk awal, validasi ahli, revisi desain, uji kelayakan, uji coba, revisi dan produksi. Multimedia pembelajaran ini dikembangkan dengan menggunakan software Adobe Flash CS5. Pengujian perangkat lunak dari multimedia pembelajaran ini dilakukan dengan pengujian blackbox dan whitebox testing. Pengujian juga dilakukan untuk menguji kelayakan dan kualitas dari multimedia ini. Pengujian kelayakan dilakukan oleh para tim ahli, sedangkan kualitas dilakukan oleh sasaran pengguna akhir yaitu siswa. Penelitian ini dilakukan di Mts Negeri 1 Tempel dengan melibatkan 10 siswa pada uji coba awal dan 30 siswa pada uji coba lapangan. Instrument yang digunakan dalam pengambilan data adalah dengan kuesioner berskala Likert dan Guttman. Hasil dari pengujian whitebox menunjukkan bahwa simpul dan jalur telah tereksekusi minimal satu kali dan dikerjakan sesuai dengan batasannya. Hasil pengujian blackbox menunjukkan masing-masing fungsi tombol berjalan sesuai dengan tujuannya. Hasil penilaian kelayakan oleh ahli media memberikan rata-rata 4.35 dengan kategori Sangat Layak. Hasil penilaian kelayakan oleh ahli materi menunjukkan rata-rata 4.13 dengan kategori Layak. Uji coba pertama atau alpha testing mendapatkan nilai 1.73 dengan kualias Tinggi. Pengujian lapangan atau beta testing mendapatkan bilai 1.50 dengan kualitas Tinggi. Hasil pengujian keseluruhan pada kelayakan multimedia pembelajaran ini menunjukkan kategori Sangat Layak dengan kualitas Tinggi, sehingga multimedia pembelajaran kesehatan reproduksi remaja ini layak digunakan sebagai salah satu media pembelajaran.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Teknik & Teknologi > Teknologi Informasi
Divisions: Fakultas Teknik > Jurusan Teknik Elektronika dan Informatika > Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 1141 not found.
Date Deposited: 25 Mar 2013 02:18
Last Modified: 29 Jan 2019 18:34
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/10280

Actions (login required)

View Item View Item