PENGARUH INTENSITAS, MOTIVASI DAN MINAT PENGGUNAAN KOMPUTER SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) DI SMP NEGERI 14 PURWOREJO

Rifka , Fauzia (2013) PENGARUH INTENSITAS, MOTIVASI DAN MINAT PENGGUNAAN KOMPUTER SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) DI SMP NEGERI 14 PURWOREJO. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
jurnal.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh intensitas penggunaan komputer sebagai media pembelajaran terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran TIK di SMP Negeri 14 Purworejo; (2) pengaruh motivasi penggunaan komputer sebagai media pembelajaran terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran TIK di SMP Negeri 14 Purworejo; (3) pengaruh minat penggunaan komputer sebagai media pembelajaran terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran TIK di SMP Negeri 14 Purworejo; (4) pengaruh intensitas, motivasi dan minat penggunaan komputer sebagai media pembelajaran terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran TIK di SMP Negeri 14 Purworejo. Penelitian ini adalah penelitian ex-post-facto dengan pendekatan kuantitatif. Populasi yang digunakan adalah seluruh siswa SMP Negeri 14 Purworejo yang berjumlah 570 siswa dengan sampel 230 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis regresi sederhana dan regresi ganda tiga prediktor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan intensitas penggunaan komputer sebagai media pembelajaran terhadap hasil belajar belajar TIK sebesar 15.2%; (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan motivasi penggunaan komputer sebagai media pembelajaran terhadap hasil belajar TIK sebesar 24.5%; (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan minat penggunaan komputer sebagai media pembelajaran terhadap hasil belajar TIK sebesar 22.2%;(4) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara intensitas, motivasi dan minat penggunaan komputer sebagai media pembelajaran terhadap hasil belajar TIK sebesar 43.3%.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Teknik & Teknologi > Teknologi Informasi
Divisions: Fakultas Teknik > Jurusan Teknik Elektronika dan Informatika > Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 1141 not found.
Date Deposited: 19 Mar 2013 00:36
Last Modified: 29 Jan 2019 18:32
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/10237

Actions (login required)

View Item View Item