PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KOMPETENSI MEMBERIKAN LAYANAN SECARA PRIMA KEPADA PELANGGAN DENGAN METODE PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT DI SMK KARYA RINI YOGYAKARTA

Yuni, Susanti (2013) PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KOMPETENSI MEMBERIKAN LAYANAN SECARA PRIMA KEPADA PELANGGAN DENGAN METODE PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT DI SMK KARYA RINI YOGYAKARTA. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
jurnal Yuni Susanti.pdf - Supplemental Material

Download (371kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Yuni Susanti 09513247011.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan: 1) mengetahui peningkatan motivasi belajar siswa untuk pencapaian ketuntasan belajar pada pembelajaran memberikan layanan secara prima kepada pelanggan melalui metode pembelajaran Cooperative Script di SMK Karya Rini Yogyakarta 2) mengetahui pencapaian hasil belajar siswa pada memberikan layanan secara prima kepada pelanggan melalui metode pembelajaran Cooperative Script di SMK Karya Rini Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif. Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan secara kolaboratif dengan desain model Kemmis dan Mc.Taggart dengan prosedur sebagai berikut: 1) perencanaan, 2) tindakan, 3) pengamatan, 4) refleksi. Penelitian dilaksanakan di SMK Karya Rini pada pembelajaran memberikan layanan secara prima kepada pelanggan. Subyek penelitian ini adalah kelas X Tata Busana berjumlah 21 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan lembar observasi, tes dan dokumentasi. Validitas instrumen menggunakan validitas konstruk dengan meminta pendapat para ahli (judgment expert). Uji reliabilitas menggunakan antar rater. Hasil penelitian tindakan kelas berdasarkan pengamatan proses pembelajaran menunjukkan bahwa siswa turut serta dalam kegiatan belajar, lebih aktif, hasil pengamatan terhadap motivasi belajara siswa dalam pembelajaran memberikan layanan secara prima kepada pelanggan melalui metode pembelajaran Cooperative Script pada siklus I mengalami peningkatan 11.33% terbukti dengan nilai rata-rata yang dicapai pra siklus 67.86 dan nilai rata-rata yang dicapai pada siklus I meningkat menjadi 75.00. Motivasi belajar siswa pada siklus II meningkat 20.51% , nilai rata- rata yang dicapai pada siklus II menjadi 81.59. Pembelajaran memberikan layanan secara prima kepada pelanggan melalui metode pembelajaran dapat meningkatkan pencapaian hasil belajar siswa yang dibuktikan dengan 90.1% pencapaian hasil belajar siswa tuntas. Uraian di atas menunjukkan bahwa penerapan metode pembelajaran Cooperative Script dapat meningkatkan motivasi belajar dan pencapaian ketuntasan belajar siswa pada kompetensi memberikan layanan secara prima kepada pelanggan.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik > Jurusan Teknik Boga dan Busana > Pendidikan Teknik Busana
Depositing User: Users 1141 not found.
Date Deposited: 21 Feb 2013 01:05
Last Modified: 29 Jan 2019 18:29
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/10159

Actions (login required)

View Item View Item