PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS MASALAH YANG BERLANDASKAN NILAI-NILAI KARAKTER DENGAN PENGGUNAAN MEDIA TIK PADA KELAS DWI-BAHASA DALAM KOMPETENSI DASAR MENENTUKAN SLOPE DAN PERSAMAAN GARIS LURUS

Tantan Sutandi, Nugraha (2012) PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS MASALAH YANG BERLANDASKAN NILAI-NILAI KARAKTER DENGAN PENGGUNAAN MEDIA TIK PADA KELAS DWI-BAHASA DALAM KOMPETENSI DASAR MENENTUKAN SLOPE DAN PERSAMAAN GARIS LURUS. Kontribusi Pendidikan Matematika dan Matematika dalam Membangun Karakter Guru dan Siswa. ISSN 978-979-16353-8-7

[img]
Preview
Text
P - 91.pdf

Download (274kB) | Preview
Official URL: http://www.uny.ac.id

Abstract

Setelah mempelajari matematika, diharapkan siswa memiliki mathematical power, yang meliputi kemampuan dalam content, problem solving, reasoning and proof, communication, connection, and representation. Selain itu, pembelajaran juga hendaknya turut membentuk sikap dan perilaku siswa sesuai dengan pendidikan karakter yang telah dicanangkan oleh Kementerian Pendidikan Nasional. Khususnya di kelas dwi-bahasa, penguasaan kompetensi global juga diperlukan, yang salah satunya adalah kemahiran berbahasa Inggris. Dalam karya ilmiah ini, penulis mendeskripsikan salah satu proses kegiatan pembelajaran yang diarahkan untuk memenuhi tujuan-tujuan tersebut. Untuk lebih mengarah kepada pembentukan mathematical power, dilakukan pembelajaran berbasis masalah. Adapun masalah yang diberikan memiliki tema sains sebagai bentuk penerapan koneksi matematika. Nilai-nilai karakter perilaku, seperti percaya diri, jujur, berpikir logis, kreatif, santun, dan sikap menghargai lingkungan turut ditanamkam selama pembelajaran. Dalam hal penggunaan TIK, siswa diminta menginstal dan menggunakan StatPlus untuk pengolahan data. Ini merupakan bentuk integrasi teknologi ke dalam matematika. Selain itu, karena dilaksanakan di kelas dwi-bahasa, pembelajaran dilakukan dalam dua bahasa, yakni Indonesia dan Inggris. Hasil pekerjaan siswa harus disajikan dan dipresentasikan untuk menumbuhkan kemampuan representasi dan komunikasi. Semua masalah dan pertanyaan diberikan dalam kerangka peningkatan pemahaman, daya nalar, dan kemampuan pemecahan masalah siswa. Kata kunci: mathematical power, pembelajaran berbasis masalah, nilai karakter, media TIK

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: mathematical power, pembelajaran berbasis masalah, nilai karakter, media TIK
Subjects: Prosiding > Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 2012
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika
Depositing User: Sarwo Hadi ꦱꦼꦠꦾꦤ
Date Deposited: 13 Feb 2013 03:03
Last Modified: 13 Feb 2013 03:03
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/10103

Actions (login required)

View Item View Item