PROSES BERPIKIR MAHASISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA BERDASARKAN DIMENSI HEALER

Sri Adi, Widodo (2012) PROSES BERPIKIR MAHASISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA BERDASARKAN DIMENSI HEALER. Kontribusi Pendidikan Matematika dan Matematika dalam Membangun Karakter Guru dan Siswa. ISSN 978-979-16353-8-7

[img]
Preview
Text
P - 85.pdf

Download (105kB) | Preview
Official URL: http://www.uny.ac.id

Abstract

PROSES BERPIKIR MAHASISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA BERDASARKAN DIMENSI HEALER Penelitian ini dilatarbelakangi oleh karakteristik matematika yang mempunyai objek yang bersifat abstrak, pentingnya proses berpikir (pemecahan masalah) dalam mempelajari matematika perlu ditanamkan kepada peserta didik agar dalam pembelajaran matematika tidak kehilangan makna dan bertujuan untuk memperbaiki pengajaran matematika di sekolah. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui proses berpikir mahasiswa dalam memecahkan masalah matematika (analisis vektor) ditinjau dari dimensi healer. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian ini sebanyak 4 (empat) mahasiswa yang diambil berdasarkan teknik purposive sampling. Instrumen dalam penelitian adalah instrument tes kepribadian yang diadaptasi dan dimodifikasi dari Keirsey Temperament Sorter (KTS) David Keirsey dan instrument menyelesaikan masalah matematika (analisis vektor). Prosedur pengumpulan data digunakan teknik Think Out Louds (TOL) atau think aloud. Sedangkan teknik analisis data menggunakan teknik analisis data yang dikembangkan oleh Lexy J. Moleong. Sedangkan untuk pengecekan keabsahan data menggunakan kriteria derajat keterpercayaan dengan menggunakan teknik triangulasi. Dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa proses berpikir mahasiswa dimensi healer dalam memahami masalah melakukan proses berpikir asimilasi, dalam membuat rencana pemecahan masalah melakukan proses berpikir asimilasi dan abstraksi, dalam melaksanakan rencana pemecahan masalah melakukan proses berpikir asimilasi dan abstraksi, dalam memeriksa kembali jawaban, mahasiswa dimensi healer melakukan proses berpikir asimilasi. Keyword: Proses berpikir, Keirsey Temperament sorter (KTS), Healer.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Proses berpikir, Keirsey Temperament sorter (KTS), Healer
Subjects: Prosiding > Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 2012
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika
Depositing User: Sarwo Hadi ꦱꦼꦠꦾꦤ
Date Deposited: 12 Feb 2013 07:12
Last Modified: 12 Feb 2013 07:12
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/10097

Actions (login required)

View Item View Item