Rufina Ni Luh Wiwik, Handayani and Ch. Enny, Murwaningtyas (2012) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BILANGAN BULAT DI KELAS VII A SMP KANISIUS KALASAN YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2012-2013. Kontribusi Pendidikan Matematika dan Matematika dalam Membangun Karakter Guru dan Siswa. ISSN 978-979-16353-8-7
|
Text
P - 81.pdf Download (145kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dalam menumbuhkan motivasi belajar siswa dan peningkatan hasil belajar siswa pada pokok bahasan penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat di kelas VII A SMP Kanisius Kalasan Yogyakarta tahun pelajaran 2012-2013. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VII A SMP Kanisius Kalasan Yogyakarta tahun pelajaran 2012-2013. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Instrumen penelitian yang digunakan dalam pengumpulan data terdiri dari: (1) Lembar observasi / pengamatan motivasi belajar siswa, (2) Angket motivasi belajar siswa, (3) Lembar wawancara motivasi belajar siswa, (4) Tes hasil belajar siswa yang terdiri dari pre test, kuis dan post test. (5) Alat dokumentasi. Data hasil observasi / pengamatan dan angket motivasi belajar siswa dianalisis secara kuantitatif dengan menentukan skor total dan persentase yang diperoleh masing-masing siswa, kemudian berdasarkan hasil persentase tersebut ditentukan kriteria motivasi belajar siswa secara individu maupun keseluruhan. Data hasil wawancara dan dokumentasi dianalisis secara deskriptif kualitatif sebagai penguatan dari hasil observasi / pengamatan dan angket motivasi belajar siswa. Data tes hasil belajar yaitu hasil pre test dan post test yang dianalisis menggunakan uji t untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD memiliki pengaruh yang tinggi dalam menumbuhkan motivasi belajar siswa dan (2) Penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berpengaruhj dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Kata kunci: STAD, motivasi belajar, hasil belajar, penjumlahan & pengurangan bilangan bulat.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | STAD, motivasi belajar, hasil belajar, penjumlahan & pengurangan bilangan bulat |
Subjects: | Prosiding > Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 2012 |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Sarwo Hadi ꦱꦼꦠꦾꦤ |
Date Deposited: | 12 Feb 2013 04:20 |
Last Modified: | 12 Feb 2013 04:20 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/10093 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year