Rudi Santoso, Yohanes (2012) STRATEGI SISWA SMP DALAM MENYELESAIKAN MASALAH GEOMETRI DITINJAU DARI DOMINASI OTAK KIRI DAN OTAK KANAN. Kontribusi Pendidikan Matematika dan Matematika dalam Membangun Karakter Guru dan Siswa. ISSN 978-979-16353-8-7
|
Text
P - 80.pdf Download (858kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi yang digunakan siswa SMP dalam menyelesaikan masalah geometri ditinjau dari dominasi peran belahan otak kiri dan otak kanan. Subjek penelitian ini adalah satu orang siswa yang dominan otak kiri dan satu orang siswa yang dominan otak kanan. Dua siswa ini dipilih dari 10 siswa SMP yang mengikuti pembinaan olimpiade matematika yang dibina oleh peneliti. Untuk menentukan siswa yang dominan otak kiri dan dominan otak kanan digunakan Tes Inventori Dominasi Otak Kiri dan Otak Kanan. Sedangkan untuk mendeskripsikan strategi yang digunakan siswa dalam memecahkan masalah geometri dilakukan dengan menganalisis dan mengintepretasikan langkah-langkah yang digunakan siswa, menggunakan metode Think Aloud. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa yang dominan otak kiri cenderung menggunakan pendekatan analitik, berpikir linier, sistematis, parsial. Sedangkan siswa yang dominan otak kanan cenderung menggunakan pendekatan visual, berpikir lateral, random, global, divergen. Kata Kunci: Strategi siswa, Otak kiri, Otak Kanan
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi siswa, Otak kiri, Otak Kanan |
Subjects: | Prosiding > Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 2012 |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Sarwo Hadi ꦱꦼꦠꦾꦤ |
Date Deposited: | 12 Feb 2013 04:11 |
Last Modified: | 12 Feb 2013 04:11 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/10092 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year