Deniyanto, Yoga Sativa
(2012)
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peranan metode Mind
Mapping untuk meningkatkan partisipasi dan pemahaman materi IPS peserta didik di
kelas 7 F SMP Negeri 15 Yogyakarta.
Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action
Research) dengan model Kemmis dan McTaggart yang dilaksanakan dalam dua
siklus. Dilakukan penilaian pada setiap akhir siklus untuk mengetahui ada tidaknya
peningkatan partisipasi dan penguasaan peserta didik terhadap materi IPS. Tindakan
yang diberikan berupa penerapan metode Mind Mapping sebagai upaya memperbaiki
pemahaman pembelajaran IPS dan meningkatkan partisipasi peserta didik serta
penguasaan materi IPS.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pembelajaran Mind Mapping
berhasil meningkatkan partisipasi belajar peserta didik dan penguasaan materi IPS.
Hal ini ditunjukkan dengan meningkatnya aktivitas peserta didik. Peserta didik
memiliki keberanian untuk bertanya, menjawab pertanyaan, berdiskusi dan bekerja
sama dengan sesama anggota kelompok untuk membuat Mind Mapping dan
mempresentasikan di depan kelas. Peningkatan penguasaan materi IPS dapat dilihat
dari perolehan nilai peserta didik sebelum diberikan tindakan, yakni rata-rata 68,1
menjadi 71,6 pada siklus I. Peserta didik yang mencapai ketuntasan sebelum
diberikan tindakan sebanyak 25 peserta didik ( 73,53%) meningkat menjadi 29
peserta didik (85,29%). Nilai rata-rata pada siklus II menjadi 77,9 dan peserta didik
yang telah mencapai ketuntasan sebanyak 34 peserta didik (100%). Metode Mind
Mapping yang dikombinasikandengan metode lain mampu meningkatkan
penguasaan materi IPS di kelas 7 F SMP Negeri 15 Yogyakarta, karena pembelajaran
dengan metode Mind Mapping dapat menciptakan suasana pembelajaran yang aktif,
kreatif dan menyenangkan.
Kata Kunci: Metode Mind Mapping, IPS, SMP, Penelitian Tindakan Kelas.
S1 thesis, UNY.