SAIFUL KURNIA, ADHY SETIAWAN
(2015)
PENGARUH PEMANFAATAN INTERNET SEBAGAI MEDIA
MEMPEROLEH SUMBER BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR
SISWA KELAS II OTOMOTIF PADA MATA DIKLAT MOTOR/ENGINE DI
SMKN 2 PENGASIH
Oleh:
SAIFUL KURNIA ADHY SETIAWAN
NIM. 07504244030
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui intensitas pemanfaatan
internet siswa kelas II otomotif di SMK N 2 Pengasih dalam memperoleh sumber
belajar alternatif mata diklat engine, serta mengetahui pengaruh pemanfaatan
internet sebagai media memperoleh sumber belajar terhadap prestasi belajar siswa
kelas II otomotif pada mata diklat engine/motor di SMK N 2 pengasih.
Jenis penelitian ini adalah ex post facto, menggunakan teknik perbandingan
(komparatif). Populasi yang digunakan dalam penelitian adalah siswa kelas XI SMK
N 2 Pengasih dengan jumlah 99 siswa. Sampel penelitian diambil dengan teknik
Sampling Purposive diperoleh 78 siswa sebagai sampel penelitian. Teknik
pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan angket dan
dokumentasi. Validitas intrumen melalui pendapat para ahli (expert judgement) dan
mengujicobakan instrumen dengan pengujian hasil validitas menggunakan product
moment. Reliabilitas instrumen diuji dengan menggunakan Alpha Chronbach.
Analisis data yang digunakan untuk menganalisis data hasil penelitian adalah statistik
deskriptif komparatif dan uji beda (t-test).
Berdasarkan hasil analisis data penelitian, terdapat perbedaan prestasi
belajar antara efektifitas siswa pemanfaatan internet tinggi dengan efektifitas
pemanfaatan internet rendah. Diperoleh hasil thitung pemanfaaran internet lebih
besar daripada ttabel yaitu 7,076 > 2,024. Sedangkan perolehan nilai thitung prestasi
belajar siswa dibandingkan ttabel yaitu 18,333> 2,024. Dengan demikian efektifitas
pemanfaatan internet yang tinggi berbeda signifikan dengan efektifitas
pemanfaatan internet yang rendah sebagai media sumber belajar terhadap prestasi
belajar pada mata diklat engine/motor.
S1 thesis, UNY.