IMPLEMENTASI PENDIDIKAN INKLUSIF PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS IV DI SD TUMBUH II YOGYAKARTA

Dwi, Sumarti (2012) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN INKLUSIF PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS IV DI SD TUMBUH II YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Abstrak Dwi Sumarti.pdf

Download (12kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pendidikan inklusif pada pembelajaran IPA di kelas IV SD Tumbuh II Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru, GPK, dan anak kelas IV. Teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model analisis interaktif Miles dan Huberman. Teknik keabsahan data yaitu teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pendidikan inklusif pada pembelajaran IPA kelas IV di SD Tumbuh II Yogyakarta sudah sesuai (baik). Unsur pendidikan inklusif sebagai model pembelajaran seperti sintak atau tahapan pembelajaran, sistem sosial, peran/tugas guru dan sistem pendukung dilaksanakan dengan baik. Sintak yang dilakukan pada pembelajaran IPA meliputi perencanaan, dan pelaksanakan menggunakan fase model 5 E (engagment, exploration, explanation, elaboration, evaluation). Sistem sosial yang ramah terhadap semua anak ditunjukan dengan interaksi antara guru dan anak, serta anak dan anak. Guru menjalankan peranannya dengan baik, baik itu GPK atau guru kelas. Sistem pendukung yang diberikan berupa pendekatan dan strategi yang sesuai ABK, media, alat dan bahan, sumber belajar, serta sarana dan prasarana yang menunjang pelaksanaan pendidikan inklusif. Kata kunci: pendidikan inklusif, pembelajaran IPA

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 05 Feb 2013 03:30
Last Modified: 29 Jan 2019 18:24
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/9970

Actions (login required)

View Item View Item