MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL (CTL) PADA SISWA KELAS IV SDN SENGI 1 DUKUN KABUPATEN MAGELANG

Chumairoh, - (2012) MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL (CTL) PADA SISWA KELAS IV SDN SENGI 1 DUKUN KABUPATEN MAGELANG. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Chumairoh.pdf

Download (88kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan prestasi belajar matematika pada siswa kelas IV SD Negeri Sengi I Dukun Kabupaten Magelang dengan pendekatan kontekstual. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah tes dan observasi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research) di mana peneliti bekerja sama dengan guru kelas SD Negeri Sengi I Dukun Kabupaten Magelang sebagai pelaksana tindakan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Sengi I Dukun Kabupaten Magelang yang berjumlah 24 siswa terdiri dari 15 siswa laki‐laki dan 9 siswa perempuan. PTK ini terdiri dari 2 Siklus. Pada setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan dan setiap akhir siklus dilakukan evaluasi untuk mengukur tingkat prestasi belajar siswa. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan prestasi belajar matematika pada siswa kelas IV SD Negeri Sengi I Dukun Kabupaten Magelang melalui penerapan pendekatan kontekstual. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari hasil peningkatan nilai rata‐rata dan persentase ketuntasan siswa. Nilai rata‐rata matematika pra siklus sebesar 52,08. Setelah dilakukan tindakan pada siklus I, nilai rata‐rata kelas menjadi 63,75. Pada siklus II, nilai rata‐rata kelas meningkat menjadi 73,75. Kata kunci: Prestasi Belajar, Pendekatan Kontekstual, Sdn Sengi 1 Dukun Kabupaten Magelang.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 05 Feb 2013 03:30
Last Modified: 29 Jan 2019 18:24
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/9969

Actions (login required)

View Item View Item