PERILAKU AGRESIF ANAK ASUH(Studi Kasus Pada Remaja di Panti Asuhan Islam Ibadah Bunda Yogyakarta)

Asih , Fitriani (2013) PERILAKU AGRESIF ANAK ASUH(Studi Kasus Pada Remaja di Panti Asuhan Islam Ibadah Bunda Yogyakarta). S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK Skripsi.pdf

Download (84kB) | Preview

Abstract

PERILAKU AGRESIF ANAK ASUH (Studi Kasus Pada Remaja di Panti Asuhan Islam Ibadah Bunda Yogyakarta) Oleh: Asih Fitriani NIM. 08104241017 ABSTRAK Perilaku agresif masih menjadi salah satu masalah yang mempengaruhi hubungan intrapersonal dan interpersonal di Panti Asuhan Islam Ibadah Bunda Yogyakarta. Tujuan diadakannya penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi perilaku agresif anak asuh beserta faktor penyebabnya. Identifikasi perilaku agresif meliputi bentuk dan dampak perilaku. Pendekatan penelitian dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Pemilihan subjek dengan teknik purposive dengan pertimbangan subjek merupakan anak asuh yang berusia remaja; tinggal, dibiayai, dan terdaftar di Panti Asuhan Islam Ibadah Bunda; dan mempunyai kecenderungan perilaku agresif. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode yang digunakan untuk menganalisis data adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik triangulasi yang digunakan untuk menguji keabsahan data adalah triangulasi data, triangulasi metode, dan triangulasi sumber. Berdasarkan hasil penelitian pada keempat subjek, yakni EJ, RA, AP, dan SN, dapat diketahui: (1) Identifikasi perilaku agresif meliputi: (a) Bentuk: verbal dan non verbal dengan frekuensi sering, intensitas berat, dan durasi rata-rata kurang lebih satu menit; (b) Dampak internal: kepuasan pribadi, mengulang perilaku sejenis, perasaan bersalah kepada keluarga, menurunnya minat belajar, serta mendapat hukuman atau sanksi ; Dampak eksternal: hubungan sosial kurang sehat, menimbulkan kemarahan korban perilaku agresif, serta menjadi model perilaku bagi orang lain; (2) Faktor penyebab internal: mencari perhatian dan kasih sayang, kepribadian subjek, kurangnya keterampilan sosial, dan belum berkembangnya potensi diri subjek; Faktor penyebab eksternal: latar belakang keluarga yang kurang memberi kasih sayang dan perhatian, pembelaan diri subjek, kehidupan panti asuhan yang otoriter dan kurang dinamis, kegagalan akademik subjek, serta keadaan fisik. Kata kunci: perilaku agresif, anak asuh, remaja.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Bimbingan dan Konseling
?? ppb ??
Depositing User: Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP
Date Deposited: 05 Feb 2013 03:30
Last Modified: 29 Jan 2019 18:24
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/9951

Actions (login required)

View Item View Item