PENGEMBANGAN INVENTORI KECERDASAN SOSIAL PADA SISWA SMA

Hilda , Melyza Hanum (2013) PENGEMBANGAN INVENTORI KECERDASAN SOSIAL PADA SISWA SMA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK SKRIPSI.pdf

Download (8kB) | Preview

Abstract

PENGEMBANGAN INVENTORI KECERDASAN SOSIAL PADA SISWA SMA Oleh: Hilda Melyza Hanum NIM. 07104244051 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan inventori kecerdasan sosial yang valid dan reliabel sehingga dapat digunakan untuk mengetahui tingkat kecerdasan sosial siswa SMA. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan. Prosedur dalam pelaksanaan pengembangan inventori kecerdasan sosial pada siswa SMA mengacu pada langkah-langkah dasar sebagai alur kerja dalam penyusunan skala psikologi dari Saifuddin Azwar yang terdiri dari 10 langkah, yaitu: identifikasi tujuan ukur, operasionalisasi konsep, penskalaan & pemilihan format stimulus, penulisan item, uji coba, analisis item, kompilasi I seleksi item, pengujian reliabilitas, validasi, dan kompilasi II format final. Subyek yang digunakan penelitian ini yaitu dua orang ahli yang berkompeten (expert judgement) yaitu Ibu Farida Agus Setyawati, M. Si dan Ibu Eva Imania Eliasa, M. Pd, serta 110 siswa di SMA Negeri 1 Gamping, dengan menggunakan teknik simple random sampling. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah inventori kecerdasan sosial dan lembar penilaian inventori kecerdasan sosial untuk ahli dan siswa. Teknik analisi data untuk validitas isi menggunakan penilaian professional (professional judgement) dan penilaian dari 30 orang siswa yang berupa saran, kritik dan tanggapan secara lisan maupun tulisan sesuai dengan data yang diperoleh. Untuk menghitung validitas item digunakan teknik korelasi Product Moment dari Karl Pearson dan untuk menghitung koefisien reliabilitas menggunakan teknik analisis Alpha Cronbach dengan bantuan program computer SPSS 16.0. Dari hasil uji reliabilitas diperoleh koefisien reliabilitas sebesar 0, 900. Hasil review item oleh ahli terdapat beberapa saran atau masukan, sehingga inventori kecerdasan sosial pada siswa SMA dinyatakan telah memenuhi validitas isi. Uji coba tahap I (uji coba kelompok kecil) sebanyak 30 siswa SMA, hasil uji statistik menunjukkan dari 71 item terdapat 21 item yang dinyatakan gugur karena memiliki korelasi item-total < 0,20, dengan koefisien reliabilitas 0,860. Namun, untuk menyeimbangkan item-item, maka 10 item dari 21 item yang gugur mengalami revisi. Pada uji coba tahap II (uji coba kelompok besar) sebanyak 80 siswa SMA, terdiri dari 60 item terdapat 7 item yang dinyatakan gugur karena memiliki korelasi item-total < 0,20, dengan koefisien reliabilitas 0,90. Format final inventori kecerdasan sosial pada siswa SMA ini terdiri dari 53 item pernyataan yang telah memenuhi persyaratan validitas dan reliabilitas, serta dilengkapi dengan buku panduan penggunaan inventori kecerdasan sosial pada siswa SMA.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Bimbingan dan Konseling
?? ppb ??
Depositing User: Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP
Date Deposited: 05 Feb 2013 03:30
Last Modified: 29 Jan 2019 18:23
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/9949

Actions (login required)

View Item View Item