UPAYA PENINGKATAN KEPERCAYAAN DIRI MELALUI METODE EXPERIENTIAL LEARNING PADA SISWA KELAS X KAYU A SMK NEGERI 1 KALASAN

Ade, Syarifah (2013) UPAYA PENINGKATAN KEPERCAYAAN DIRI MELALUI METODE EXPERIENTIAL LEARNING PADA SISWA KELAS X KAYU A SMK NEGERI 1 KALASAN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (176kB) | Preview

Abstract

UPAYA PENINGKATAN KEPERCAYAAN DIRI MELALUI METODE EXPERIENTIAL LEARNING PADA SISWA KELAS X KAYU A SMK NEGERI 1 KALASAN Oleh Ade Syarifah NIM. 08104241033 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kepercayaan diri pada siswa kelas X Kayu A SMK Negeri 1 Kalasan melalui metode experiential learning. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan (action research) dengan subjek penelitian siswa kelas X Kayu A SMK Negeri 1 Kalasan yang berjumlah 32 siswa yang memiliki kepercayaan diri rendah. Penelitian ini dilaksanakan secara kolaborasi antara peneliti dan guru bimbingan dan konseling. Tindakan metode experiential learning dilakukan dalam 1 siklus meliputi 5 tindakan dalam 4 pertemuan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah skala kepercayaan diri, observasi, dan wawancara. Analisis data menggunakan analisis kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini yaitu: (1) kepercayaan diri siswa dapat ditingkatkan melalui metode experiential learning. Peningkatan kepercayaan diri dibuktikan dengan perolehan rata-rata pre test sebesar 95,00 dan perolehan rata-rata setelah post test sebesar 135,03, adanya peningkatan sebesar 40,03 poin. (2) proses meningkatkan kepercayaan diri melalui metode experiential learning yaitu dengan mengidentifikasi aspek-aspek kepercayaan diri kemudian mempraktikkannya melalui teknik diskusi kelompok, pemainan, dan bermain peran (role play). Hasil tersebut juga diperkuat dengan hasil wawancara dan observasi terhadap subyek yang menunjukkan adanya perilaku meningkat dalam kepercayaan diri. Kata kunci: kepercayaan diri, experiential learning

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Bimbingan dan Konseling
?? ppb ??
Depositing User: Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP
Date Deposited: 05 Feb 2013 03:30
Last Modified: 29 Jan 2019 18:23
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/9946

Actions (login required)

View Item View Item