PENGARUH PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE GROUP INVESTIGATION TERHADAP HASIL BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS IV SD MUHAMADIYAH PURWODININGRATAN 2 YOGYAKARTA

Siti , Soleha (2012) PENGARUH PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE GROUP INVESTIGATION TERHADAP HASIL BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS IV SD MUHAMADIYAH PURWODININGRATAN 2 YOGYAKARTA. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
BAB 1 - 08108244056.pdf

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2 - 08108244056.pdf

Download (371kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 5 - 08108244056.pdf

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER - 08108244056.pdf

Download (476kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN - 08108244056.pdf

Download (18MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian kuasi eksperimen (quasi eksperimen) yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model cooperative learning tipe group investigation terhadap hasil belajar IPS pada siswa kelas IV SD Muhamadiyah Purwodiningratan 2 Yogyakarta 2011/ 2012. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV di SD Muhamadiyah Purwodiningratan 2 yang yang berjumlah 71 siswa. Perinciannya 33 siswa kelas IVA2 sebagai kelompok eksperimen yang menerapkan model cooperative learning tipe group investigation dan 38 siswa kelas IVA1 sebagai kelompok kontrol yang menerapkan metode ceramah bervariasi. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes dan dokumentasi. Dalam penelitian ini tidak ada sampel, karena semua siswa dijadikan subyek penelitian sehingga penelitiannya merupakan penelitian populasi. Desain penelitian yang digunakan adalah nonequivalent control group design. Tes diberikan pada saat sebelum dan setelah diberi perlakuan pada masing-masing kelompok. Dokumentasi berupa foto kegiatan siswa saat pembelajaran. Uji hipotesis yang digunakan adalah Independent t-Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara penerapan model cooperative learning tipe group investigation dengan metode ceramah bervariasi terhadap hasil belajar IPS. Terbukti t hitung > dari t table (5,538>2,00) dengan taraf signifikasi lebih kecil dari 0,05% (p=0,00<0,05). Dari hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model cooperative learning tipe group investigation dengan terhadap hasil belajar IPS pada siswa kelas IV SD Muhamadiyah Purwodiningratan 2 Yogyakarta. Kata kunci: model cooperative learning tipe group investigation, hasil belajar IPS

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: model cooperative learning tipe group investigation, hasil belajar IPS
Subjects: Perpustakaan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 11 Feb 2013 03:51
Last Modified: 29 Jan 2019 18:23
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/9938

Actions (login required)

View Item View Item