PENGEMBANGAN MAJALAH BERBAHASA JAWA SEBAGAI PENINGKATAN PROSES PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN BAHASA JAWA UNTUK PESERTA DIDIK SMA/SMK KELAS X

Sri , Wahyuningsih (2012) PENGEMBANGAN MAJALAH BERBAHASA JAWA SEBAGAI PENINGKATAN PROSES PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN BAHASA JAWA UNTUK PESERTA DIDIK SMA/SMK KELAS X. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
BAB 1 - 05205241007.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2 - 05205241007.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 5 - 05205241007.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER - 05205241007.pdf

Download (573kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN - 05205241007.pdf

Download (31MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dalam bidang pendidikan bahasa Jawa. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan majalah berbahasa Jawa untuk peserta didik SMA/SMK kelas X semester-1 yang sesuai dengan standar isi dan kriteria sebagai sumber belajar mandiri dan menentukan kualitas majalah berbahasa Jawa. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian adalah model prosedural. Prosedur pengembangan majalah terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan penilaian. Produk awal majalah ditinjau oleh 3 orang teman sejawat, 1 ahli materi dan pembelajaran, dan 1 ahli media. Majalah hasil revisi dinilai oleh tiga guru yang bertindak sebagai reviewer. Penilaian kualitas majalah menggunakan instrumen penilaian berupa angket yang mencakup 5 komponen yaitu a) kelayakan materi, b) kelayakan penyajian, c) kebahasaan dan gambar, d) isi majalah, e) penampilan majalah. Hasil penilaian berupa data kualitatif yang diubah menjadi skor kemudian ditabulasi dan dianalisis dengan pedoman kriteria penilaian ideal untuk menentukan kualitas majalah berbahasa Jawa Damar. Hasil penelitian pengembangan ini adalah majalah berbahasa Jawa Damar. Majalah berbahasa Jawa Damar memiliki 13 rubrik yang tersusun dalam 56 halaman. Hasil penilaian majalah berbahasa Jawa Damar menurut; a) teman sejawat, majalah berkualitas baik (B) dengan nilai 80,85; b) ahli materi dan pembelajaran, majalah berkualitas sangat baik (SB) dengan nilai 84,16; c) ahli media, majalah berkualitas baik (SB) dengan nilai 79,13; d) guru, majalah berkualitas baik (B) dengan nilai 82,22. Kualitas majalah Damar secara keseluruhan adalah baik (B) dengan nilai 82,05. Majalah berbahasa Jawa Damar layak digunakan sebagai media pembelajaran mandiri. Kata kunci: majalah berbahasa Jawa, penelitian pengembangan, sumber belajar mandiri

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: majalah berbahasa Jawa, penelitian pengembangan, sumber belajar mandiri
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa Jawa
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa Daerah
Perpustakaan
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 11 Feb 2013 03:50
Last Modified: 24 Sep 2020 04:13
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/9923

Actions (login required)

View Item View Item