FENOMENA CYBERBULLYING PADA SISWA SMA(LIMA SMA DI KOTA YOGYAKARTA)

Dini Dwi , Permatasari (2013) FENOMENA CYBERBULLYING PADA SISWA SMA(LIMA SMA DI KOTA YOGYAKARTA). S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (115kB) | Preview

Abstract

FENOMENA CYBERBULLYING PADA SISWA SMA (LIMA SMA DI KOTA YOGYAKARTA) Oleh: Dini Dwi Permatasari NIM. 08104244021 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk-bentuk cyberbullying yang dilakukan siswa SMA di Kota Yogyakarta, mengetahui tujuan pelaku melakukan cyberbullying, dan mengetahui dampak psikologis serta sosial yang dialami oleh korban cyberbullying. Penelitian ini dilakukan di lima SMA di Kota Yogyakarta, yaitu SMA N 2 Yogyakarta, SMA N 4 Yogyakarta, SMA N 6 Yogyakarta, SMA N 9 Yogyakarta dan SMA N 11 Yogyakarta pada bulan Mei 2012. Penelitian ini merupakan penelitian survei, populasi penelitian ini adalah siswa kelas X di lima SMA di kota Yogyakarta dengan jumlah sampel yang ditentukan dalam penelitian ini adalah 150 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik quota random sampling. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan metode angket. Angket bentuk-bentuk cyberbullying ini terdiri dari 10 butir item. Angket tujuan cyberbullying terdiri dari 6 item, dan angket dampak cyberbullying terdiri dari 7 item. Angket cyberbullying ini dikembangkan untuk pelaku dan korban. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) bentuk-bentuk cyberbullying yang sering dilakukan pelaku adalah mengirim pesan dengan kata-kata penuh amarah secara terus menerus termasuk dalam kategori tinggi (73,33%), bentuk-bentuk cyberbullying yang sering dialami korban adalah mendapat pesan dengan kata-kata penuh amarah secara terus menerus berada dalam kategori sangat tinggi (90,00%). (2) Tujuan pelaku melakukan cyberbullying adalah keisengan untuk mempermalukan orang lain 52.81%, termasuk dalam kategori tinggi. (3) dampak yang dirasakan pelaku cyberbullying adalah perasaan bersalah yang berkepanjangan 41.57% dengan kategori rendah, dampak yang paling sering dialami korban adalah perasaan sakit hati dan kecewa 31,13% dengan kategori sangat rendah. Dari lima sekolah yang dijadikan sampel penelitian, diantara pelaku dan korban, data yang paling signifikan menunjukan persentase yang sangat tinggi untuk menjadi korban terjadi pada SMAN 6 Yogyakarta, dan pelaku terdapat di SMAN 2 Yogyakarta. Kata Kunci : cyberbullying, siswa di lima SMA Negeri Kota Yogyakarta.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
?? ppb ??
Depositing User: Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP
Date Deposited: 11 Feb 2013 03:48
Last Modified: 29 Jan 2019 18:23
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/9921

Actions (login required)

View Item View Item