PENERAPAN MODEL ASESMEN OTENTIK PADA PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN FISIKA DI JURUSAN PENDIDIKAN TEKNIK SIPIL DAN PERENCANAAN FT UNY

Dr. Amat, Jaedun (2010) PENERAPAN MODEL ASESMEN OTENTIK PADA PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN FISIKA DI JURUSAN PENDIDIKAN TEKNIK SIPIL DAN PERENCANAAN FT UNY. UNY. (Submitted)

[img]
Preview
Text
PENERAPAN_MODEL_ASESMEN_OTENTIK_PADA_PEMBELAJARAN_BERBASIS_MASALAH_UNTUK_MENINGKATKAN_KUALITAS_PEMBELAJARAN_FISIKA_DI_JURUSAN_PENDIDIKAN_TEKNIK_SIPIL__DAN_PERENCANAAN_FT_UNY.pdf

Download (41kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, yaitu penerapan model asesmen otentik pada pembelajaran problem based learning (PBL) untuk meningkatkan kualitas pembelajaran Fisika di Jurusan Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan (PTSP), FT UNY, baik dalam aspek proses maupun produk. Subyek penelitian ini adalah mahasiswa peserta mata kuliah Fisika di jurusan PTSP, yang diselenggarakan pada semester khusus tahun 2010. Data mengenai dampak tindakan dalam aspek proses, diperoleh melalui observasi non sistematis, sedangkan data mengenai dampak tindakan dalam aspek produk, diperoleh dengan menilai hasil tugas kelompok, tugas-tugas individual, dan tes kompetensi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal-soal tugas individual, soal-soal tugas kelompok, dan tes kompetensi. Uji validitas instrumen soal-soal tugas dan soal tes dilakukan terhadap validitas isi, yang dilakukan melalui rational judgment. Data yang diperoleh dianalisis dengan teknik deskriptif kuantitatif, deskriptif kualitatif dan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penerapan model asesmen pada pembelajaran PBL terbukti efektif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, baik aspek proses maupun produk; dan (2) kendala dalam penerapan model asesmen pada pembelajaran PBL adalah: (1) kondisi ruang kuliah dan tempat duduk yang tidak dapat diatur secara bebas; (2) kendala dalam penyiapan soal-soal yang setara sebanyak jumlah kelompok yang ada; dan (3) penerapan model asesmen pada pembelajaran PBL cukup menyita waktu perkuliahan, baik waktu untuk latihan pemecahan soal-soal maupun presentasi hasil kerja kelompoknya di muka kelas. Kata Kunci: pembelajaran PBL, kualitas pembelajaran

Item Type: Other
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Sipil dan Perencanaan
Divisions: Fakultas Teknik > Jurusan Teknik Sipil dan Perencanaan > S1 Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan
Depositing User: admin FT
Date Deposited: 26 Jun 2012 07:00
Last Modified: 26 Jun 2012 07:00
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/992

Actions (login required)

View Item View Item