PENERAPAN METODE MIND MAP UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA TUNARUNGU KELAS 3 DI SLB AS-SYIFA LOMBOK TIMUR

Nora Tri , Setyaningrum (2012) PENERAPAN METODE MIND MAP UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA TUNARUNGU KELAS 3 DI SLB AS-SYIFA LOMBOK TIMUR. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
COVER - 08103244025.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1 - 08103244025.pdf

Download (40kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2 - 08103244025.pdf

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 5 - 08103244025.pdf

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN - 08103244025.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa tuna rungu kelas 3 di SLB As-Syifa Lombok Timur dengan menggunakan metode mind map. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian yaitu 3 siswa tuna rungu kelas 3 di SLB As Syifa. Desain penelitian menggunakan desain Kemmis & Mc. Taggart. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Pengumpulan data dilakukan dengan tes kemampuan membaca pemahaman, observasi, dan wawancara. Metodeanalisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dan penyajian data dalam bentuk table dan grafik histogram. Hasil penelitian ini adalah metode mind map dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa tuna rungu kelas 3 di SLB As-Syifa. Metode mind map digunakan dalam memahami bacaan melalui beberapa pertanyaan yang dibuat dalam setiap cabang mind map. Siswa mengisi semua cabang pertanyaan dan jawaban di mind map dengan bimbingan guru. Kemudian menambahkan gambar pada masingmasing cabang. Peningkatan kemampuan membaca pemahaman siswa tunarungu dicapai dengan menerapkan metode mind map dan subjek diberikan reward pada saat subjek dapat menjawab serta punishment pada saat subjek tidak berkonsentrasi selama pembelajaran untuk memotivasi subjek dalam meningkatkan kemampuannya. Hasil tersebut dibuktikan dengan meningkatnya pencapaian siswa tuna rungu setelah dilakukan pembelajaran membaca pemahaman dengan menggunakan metode mind map. Peningkatan kemampuan membaca pemahaman pada siklus I sebesar 7,14 kondisi awal 58,72 meningkat menjadi 65, 86 dan peningkatan kemampuan membaca pemahaman siklus II sebesar 26,89 kondisi awal 58,72 meningkat menjadi 85,61. Kata kunci: Metodemind map, kemampuan membaca pemahaman, siswa tuna rungu.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Metodemind map, kemampuan membaca pemahaman, siswa tuna rungu.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Perpustakaan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 11 Feb 2013 02:54
Last Modified: 29 Jan 2019 18:22
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/9894

Actions (login required)

View Item View Item