Nur Anisa, Febriani (2012) PERBEDAAN HASIL BELAJAR IPA ANTARA KELAS YANG DIAJAR DENGAN MENGGUNAKAN METODE INKUIRI TERBIMBING DAN METODE DEMONSTRASI SISWA KELAS V SD GUGUS DIPONEGORO KARANGKOBAR BANJARNEGARA JAWA TENGAH 2011/2012. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.
|
Text
bab 1 - 08108244039.pdf Download (182kB) | Preview |
|
|
Text
bab 2 - 08108244039.pdf Download (306kB) | Preview |
|
|
Text
bab 5 - 08108244039.pdf Download (247kB) | Preview |
|
|
Text
cover - 08108244039.pdf Download (554kB) | Preview |
|
|
Text
lampiran - 08108244039.pdf Download (177MB) | Preview |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPA antara kelas yang diajar dengan menggunakan metode inkuiri terbimbing dan metode demonstrasi siswa kelas V SD Gugus Diponegoro Karangkobar Banjarnegara Jawa Tengah 2011/2012. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain non equivalent control group design. Populasi pada penelitian ini yaitu siswa kelas V SD Gugus Diponegoro Karangkobar Banjarnegara. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V di dua kelas yang dipilih secara acak dari kelas-kelas yang merupakan anggota populasi penelitian. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas V SD N 1 Sampang dengan jumlah siswa 30 untuk kelompok metode inkuiri terbimbing dan siswa kelas V SD N 2 Sampang dengan jumlah 20 siswa untuk kelompok metode demonstrasi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah tes dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) untuk hasil belajar IPA dengan menggunakan metode inkuiri terbimbing mempunyai mean 79,00; (2) untuk hasil belajar IPA dengan menggunakan metode demonstrasi mempunyai mean 68,00; (3) terdapat perbedaan hasil belajar IPA antara kelas yang diajar dengan menggunakan metode inkuiri terbimbing dan metode demonstrasi, perbedaan ini menunjukkan bahwa hasil belajar IPA kelas yang diajar dengan menggunakan metode inkuiri terbimbing lebih tinggi dibandingkan dengan kelas yang diajar dengan menggunakan metode demonstrasi. Kata kunci: hasil belajar IPA, metode inkuiri terbimbing, metode demonstrasi.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | hasil belajar IPA, metode inkuiri terbimbing, metode demonstrasi. |
Subjects: | Perpustakaan Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Eprints |
Date Deposited: | 11 Feb 2013 02:54 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 18:22 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/9893 |
Actions (login required)
View Item |