PERBEDAAN HASIL BELAJAR IPA ANTARA KELAS YANG DIAJAR DENGAN MENGGUNAKAN METODE INKUIRI TERBIMBING DAN METODE DEMONSTRASI SISWA KELAS V SD GUGUS DIPONEGORO KARANGKOBAR BANJARNEGARA JAWA TENGAH 2011/2012

Nur Anisa, Febriani (2012) PERBEDAAN HASIL BELAJAR IPA ANTARA KELAS YANG DIAJAR DENGAN MENGGUNAKAN METODE INKUIRI TERBIMBING DAN METODE DEMONSTRASI SISWA KELAS V SD GUGUS DIPONEGORO KARANGKOBAR BANJARNEGARA JAWA TENGAH 2011/2012. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
bab 1 - 08108244039.pdf

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2 - 08108244039.pdf

Download (306kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 5 - 08108244039.pdf

Download (247kB) | Preview
[img]
Preview
Text
cover - 08108244039.pdf

Download (554kB) | Preview
[img]
Preview
Text
lampiran - 08108244039.pdf

Download (177MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPA antara kelas yang diajar dengan menggunakan metode inkuiri terbimbing dan metode demonstrasi siswa kelas V SD Gugus Diponegoro Karangkobar Banjarnegara Jawa Tengah 2011/2012. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain non equivalent control group design. Populasi pada penelitian ini yaitu siswa kelas V SD Gugus Diponegoro Karangkobar Banjarnegara. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V di dua kelas yang dipilih secara acak dari kelas-kelas yang merupakan anggota populasi penelitian. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas V SD N 1 Sampang dengan jumlah siswa 30 untuk kelompok metode inkuiri terbimbing dan siswa kelas V SD N 2 Sampang dengan jumlah 20 siswa untuk kelompok metode demonstrasi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah tes dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) untuk hasil belajar IPA dengan menggunakan metode inkuiri terbimbing mempunyai mean 79,00; (2) untuk hasil belajar IPA dengan menggunakan metode demonstrasi mempunyai mean 68,00; (3) terdapat perbedaan hasil belajar IPA antara kelas yang diajar dengan menggunakan metode inkuiri terbimbing dan metode demonstrasi, perbedaan ini menunjukkan bahwa hasil belajar IPA kelas yang diajar dengan menggunakan metode inkuiri terbimbing lebih tinggi dibandingkan dengan kelas yang diajar dengan menggunakan metode demonstrasi. Kata kunci: hasil belajar IPA, metode inkuiri terbimbing, metode demonstrasi.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar IPA, metode inkuiri terbimbing, metode demonstrasi.
Subjects: Perpustakaan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 11 Feb 2013 02:54
Last Modified: 29 Jan 2019 18:22
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/9893

Actions (login required)

View Item View Item