PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT (NUMBERED HEADS TOGETHER) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD NEGERI KECEME 1 KECAMATAN SLEMAN

Elvira , Rohmawati (2012) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT (NUMBERED HEADS TOGETHER) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD NEGERI KECEME 1 KECAMATAN SLEMAN. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
Bab 1 -08108241109.pdf

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2 -08108241109.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5 -08108241109.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Cover -08108241109.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka -08108241109.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran -08108241109.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Heads Together) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SD Negeri Keceme 1 Kecamatan Sleman. Penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimental dengan desain penelitian Nonequivalet control group design. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VA SDN Keceme 1 sebanyak 60 siswa yang tebagi dalam dua kelas yaitu kelas VA sebagai kelas kontrol dan kelas VB sebagai kelas eksperimen dengan masing-masing kelas sebanyak 30 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan metode tes yang digunakan untuk mengumpulkan data hasil belajar matematika kelas eksperimen dan kelas kontrol. Uji validitas dihitung menggunakan korelasi biserial, dari 25 soal diperoleh 20 soal valid dan 5 soal gugur. Uji reliabilitas instrumen dihitung menggunakan rumus K-R 20 dengan hasil r11 sebesar 0,790. Uji normalitas dihitung menggunakan rumus chi kuadrat dengan hasil kelas eksperimen sebesar 9,964 dan kelas kontrol sebesar 9,486. Uji homogenitas dihitung menggunakan uji barlet dengan hasil x2 hitung sebesar 0,690. Teknik analisis yang digunakan untuk menguji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan teknik uji beda (t-test). Berdasarkan hasil analisis data penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe NHT terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SDN Keceme 1. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil thitung lebih besar ttabel yaitu sebesar 2,135 > 2,002. Kata Kunci : model pembelajaran kooperatif tipe NHT, hasil belajar, matematika

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran kooperatif tipe NHT, hasil belajar, matematika
Subjects: Perpustakaan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 11 Feb 2013 00:40
Last Modified: 29 Jan 2019 18:21
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/9880

Actions (login required)

View Item View Item