PENGGUNAAN PAPAN BILAH PENJUMLAHAN DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA ANAK TUNAGRAHITA RINGAN KELAS III SDLB DI SLB TUNAS SEJAHTERA SEYEGAN

Endang Sari , Widana (2012) PENGGUNAAN PAPAN BILAH PENJUMLAHAN DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA ANAK TUNAGRAHITA RINGAN KELAS III SDLB DI SLB TUNAS SEJAHTERA SEYEGAN. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
COVER - 0810324907.pdf

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1 - 0810324907.pdf

Download (43kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2 - 0810324907.pdf

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 5 - 0810324907.pdf

Download (29kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN - 0810324907.pdf

Download (980kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan: 1. Penggunaan papan bilah penjumlahan dalam pembelajaran matematika kelas III SDLB di SLB Tunas Sejahtera Seyegan, Sleman. 2. Kesulitan yang dihadapi siswa. 3. Hasil belajar matematika siswa dengan digunakannya media papan bilah penjumlahan. Pendekatan dalam penelitian ini pendekatan kualitatif. Subjek penelitian adalah dua anak siswa kelas III SDLB/C dan seorang guru. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data dilakukan dengan perpanjangan keikutsertaan peneliti, ketekunan pengamatan dan metode triangulasi dengan teknik cross check antar metode. Data yang diperoleh dianalisis secara kualitatif, dengan langkah reduksi data, display data serta pengambilan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1. Pelaksanaan penggunaan media papan bilah penjumlahan dalam pembelajaran matematika antara lain: a. Menyiapkan media, b. Membagikan media. c. Mengenalkan media. d Menerangkan fungsi media. e. Mengenalkan bilah angka warna biru dan merah. f Memberi contoh bilangan yang akan dihitung dalam tabel. g Mengambil bilah angka warna biru. h Memasang bilah angka warna biru. i. Mengambil bilah angka warna merah. j. Memasang bilah angka warna merah. k. Membaca hasil penjumlahan. l. Menuliskan hasil kedalam tabel penjumlahan. 2. Kesulitan belajar yang terjadi pada anak tunagrahita ringan pada awalnya meliputi: memasang angka warna biru, membaca hasil penjumlahan, menuliskan hasil penjumlahan ke dalam tabel. 3. Hasil belajar siswa setelah pertemuan minggu ke tiga siswa sudah dapat menggunakan papan bilah penjumlahan secara benar dan mencapai hasil yang memuaskan, yaitu memperoleh nilai 10 berarti sudah lebih dari KKM sebesar 7,5. Kata kunci: papan bilah penjumlahan, anak tunagrahita ringan, SLB Tunas Sejahtera Seyegan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: papan bilah penjumlahan, anak tunagrahita ringan, SLB Tunas Sejahtera Seyegan.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Perpustakaan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 07 Feb 2013 01:40
Last Modified: 29 Jan 2019 18:21
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/9877

Actions (login required)

View Item View Item