Benni , Hartati (2012) KEEFEKTIFAN PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES DALAM PEMBELAJARAN IPA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD BANGUNJIWO KASIHAN BANTUL YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2011/2012. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.
|
Text
bab1.pdf Download (124kB) | Preview |
|
|
Text
bab2.pdf Download (230kB) | Preview |
|
|
Text
bab5.pdf Download (57kB) | Preview |
|
|
Text
cover.pdf Download (669kB) | Preview |
|
|
Text
lampiran.pdf Download (7MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan penggunaan pendekatan keterampilan proses dalam pembelajaran IPA terhadap hasil belajar siswa di kelas IV SD Bangunjiwo Kasihan Bantul Yogyakarta Tahun Ajaran 2011/2012. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan variabel terikat hasil belajar siswa kelas IV SD Bangunjiwo dan variabel bebas pendekatan keterampilan proses. Desain penelitiannya adalah Nonequivalent Control Group Design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Bangunjiwo yang terdiri dari dua kelas. Kelas IVA berjumlah 24 siswa sebagai kelas kontrol dan kelas IVB berjumlah 20 siswa sebagai kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan dalam penelitian berupa tes hasil belajar IPA yang terdiri dari 20 butir soal untuk mengukur kognitif produk, lembar observasi keterampilan proses untuk mengukur kognitif proses, dan lembar observasi sikap untuk mengukur afektif siswa. Teknik analisis data terdiri atas 3 tahap yaitu, tahap uji prasyarat, interpretasi skor, dan tahap pengujian hipotesis. Tahap prasyarat meliputi uji normalitas dan homogenitas. Interpretasi skor digunakan untuk menganalisis data hasil observasi. Uji hipotesis meliputi uji t, yaitu dengan melihat perbedaan hasil belajar kognitif IPA siswa yang berupa produk pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Hasil penelitian ini adalah pembelajaran IPA dengan pendekatan keterampilan proses efektif terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Bangunjiwo. Hal ini dilihat dari (1) kognitif produk siswa yaitu nilai rerata kemampuan akhir kelas eksperimen sebesar 81,00 dan kelas kontrol sebesar 76,04. Selisih rata-rata kelas eksperimen dan kelas kontrol adalah sebesar 4,96. Dari selisih tersebut dapat diartikan bahwa kelas eksperimen memiliki hasil belajar kognitif produk IPA lebih tinggi daripada kelas kontrol. (2) hasil observasi untuk kognitif proses IPA siswa dengan keterampilan proses pada kelas eksperimen yaitu 55% siswa pada kategori baik dan kelas kontrol yaitu 54,17% siswa pada kategori cukup. (3) hasil observasi untuk afektif siswa kelas eksperimen yaitu 60% siswa pada kategori baik dan kelas kontrol yaitu 50% siswa pada kategori cukup. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa “Pendekatan keterampilan proses dalam pembelajaran IPA efektif terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD Bangunjiwo”. Kata kunci: pendekatan keterampilan proses, hasil belajar IPA, SD Bangunjiwo
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pendekatan keterampilan proses, hasil belajar IPA, SD Bangunjiwo |
Subjects: | Perpustakaan Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Eprints |
Date Deposited: | 07 Feb 2013 01:40 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 18:21 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/9874 |
Actions (login required)
View Item |