KEEFEKTIFAN MEDIA BUKU HARIAN DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN BERCERITA SISWA SMP NEGERI 3 TEPUS

Yuda, Yusthiana (2012) KEEFEKTIFAN MEDIA BUKU HARIAN DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN BERCERITA SISWA SMP NEGERI 3 TEPUS. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
COVER - 05201244014.pdf

Download (216kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB1 - 05201244014.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB2 - 05201244014.pdf

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB5 - 05201244014.pdf

Download (41kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN - 05201244014.pdf

Download (343MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) adanya perbedaan keterampilan bercerita antara siswa yang diajar menggunakan media buku harian dengan siswa yang diajar tanpa menggunakan buku harian, (2) keefektifan penggunaan media buku harian dibandingkan dengan pembelajaran tanpa menggunakan media buku harian dalam pembelajaran bercerita. Penelitian ini menggunakan desain penelitian eksperimen dengan rancangan pretest-postest control group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 3 Tepus. Sampelnya adalah dua kelas yang masingmasing memiliki 20 siswa, sehingga jumlah sampel keseluruhan adalah 40 siswa. Kelas VII A sebagai kelompok eksperimen dan kelas VII B sebagai kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengamatan tes bercerita. Validitas instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah validitas isi yaitu dengan dikonsultasikan kepada ahlinya (expert judgement). Uji reliabilitas instrumen menggunakan Alpha Cronbach. Hasil indeks reliabilitas tersebut berarti instrumen yang digunakan memiliki koefisien reliabilitas yang sangat tinggi. Teknik analisis data menggunakan uji-t. Kesimpulan penelitian ini ada dua, yaitu: (1) terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan bercerita pengalaman mengesankan siswa kelas VII SMP Negeri 3 Tepus yang dilaksanakan menggunakan media buku harian dibandingkan dengan siswa yang dilaksanakan tanpa menggunakan media buku harian. Hasil perhitungan uji-t menunjukkan bahwa t hitung lebih besar dari t tabel (8,759 > 1,380) dan p kurang dari 0,05 (0,00 < 0,05). (2) Pembelajaran bercerita pengalaman mengesankan siswa kelas VII SMP Negeri 3 Tepus lebih efektif menggunakan media buku harian dibandingkan dengan pembelajaran bercerita pengalaman mengesankan tanpa menggunakan media buku harian. Perhitungan uji-t hitung lebih besar dari t tabel (8,721 > 1,380) dan p kurang dari 0,05 (0,00 < 0,05).

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Perpustakaan
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 06 Feb 2013 01:40
Last Modified: 01 Feb 2019 01:12
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/9858

Actions (login required)

View Item View Item