Widia , Astutiningsih (2012) PENGARUH KREATIVITAS GURU DALAM PEMBELAJARAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI 2 NGULAKAN KARANGSARI PENGASIH KULON PROGO TAHUN AJARAN 2011/2012. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.
|
Text
BAB 1 - 08108244084.pdf Download (205kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 2 - 08108244084.pdf Download (262kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 5 - 08108244084.pdf Download (159kB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN - 08108244084.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text
COVER - 08108244084.pdf Download (24MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan teori Utami Munandar (1995) yaitu pengembangan kreativitas 4P (Pribadi, Pendorong, Proses, Produk) dalam pembelajaran terhadap prestasi belajar siswa kelas IV SD Negeri 2 Ngulakan karangsari pengasih Kulon Progo Tahun Ajaran 2011/2012. Hipotesis penelitian ini adalah ada pengaruh kreativitas guru terhadap prestasi belajar siswa kelas IV SD Negeri 2 Ngulakan Karangsari Pengasih Kulon Progo tahun ajaran 2011/2012. Desain Pre-experimental yang digunakan dalam penelitian ini adalah “oneshot case Study”. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 2 Ngulakan yang berjumlah 34 siswa.Instrumen yang digunakan adalah angket. Pengolahan data memakai teknik analisa regresi dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Matematika, Bahasa Indonesia, IPA, IPS dan PKn dengan rata-rata nilai siswa sebelum dilakukan treatment sebesar 71,90 dan setelah dilakukan treatment sebesar 74,89. Hasil penelitian dianalisis dengan statistik uji t bahwa nilai t sebesar -22,380 dan sig 0,000 yang berarti nilai sig menyatakan < 0,05. Sumbangan kreativitas guru dalam pembelajaran terhadap prestasi belajar siswa adalah sebesar 23,7%. Dari hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa kreativitas guru dalam pembelajaran dapat memberikan pengaruh positif terhadap prestasi belajar siswa kelas IV SD Negeri 2 Ngulakan karangsari pengasih Kulon Progo tahun ajaran 2011/2012. Kata Kunci: Penerapan teori Utami Munandar pada pengembangan 4 P (Pribadi, Pendorong, Proses, Produk) dalam pembelajaran, prestasi belajar Matematika, Bahasa Indonesia, IPA, IPS dan PKn
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Penerapan teori Utami Munandar pada pengembangan 4 P (Pribadi, Pendorong, Proses, Produk) dalam pembelajaran, prestasi belajar Matematika, Bahasa Indonesia, IPA, IPS dan PKn |
Subjects: | Perpustakaan Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Eprints |
Date Deposited: | 06 Feb 2013 01:36 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 18:20 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/9844 |
Actions (login required)
View Item |