PENGARUH KREATIVITAS GURU DALAM PEMBELAJARAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI 2 NGULAKAN KARANGSARI PENGASIH KULON PROGO TAHUN AJARAN 2011/2012

Widia , Astutiningsih (2012) PENGARUH KREATIVITAS GURU DALAM PEMBELAJARAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI 2 NGULAKAN KARANGSARI PENGASIH KULON PROGO TAHUN AJARAN 2011/2012. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
BAB 1 - 08108244084.pdf

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2 - 08108244084.pdf

Download (262kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 5 - 08108244084.pdf

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN - 08108244084.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER - 08108244084.pdf

Download (24MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan teori Utami Munandar (1995) yaitu pengembangan kreativitas 4P (Pribadi, Pendorong, Proses, Produk) dalam pembelajaran terhadap prestasi belajar siswa kelas IV SD Negeri 2 Ngulakan karangsari pengasih Kulon Progo Tahun Ajaran 2011/2012. Hipotesis penelitian ini adalah ada pengaruh kreativitas guru terhadap prestasi belajar siswa kelas IV SD Negeri 2 Ngulakan Karangsari Pengasih Kulon Progo tahun ajaran 2011/2012. Desain Pre-experimental yang digunakan dalam penelitian ini adalah “oneshot case Study”. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 2 Ngulakan yang berjumlah 34 siswa.Instrumen yang digunakan adalah angket. Pengolahan data memakai teknik analisa regresi dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Matematika, Bahasa Indonesia, IPA, IPS dan PKn dengan rata-rata nilai siswa sebelum dilakukan treatment sebesar 71,90 dan setelah dilakukan treatment sebesar 74,89. Hasil penelitian dianalisis dengan statistik uji t bahwa nilai t sebesar -22,380 dan sig 0,000 yang berarti nilai sig menyatakan < 0,05. Sumbangan kreativitas guru dalam pembelajaran terhadap prestasi belajar siswa adalah sebesar 23,7%. Dari hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa kreativitas guru dalam pembelajaran dapat memberikan pengaruh positif terhadap prestasi belajar siswa kelas IV SD Negeri 2 Ngulakan karangsari pengasih Kulon Progo tahun ajaran 2011/2012. Kata Kunci: Penerapan teori Utami Munandar pada pengembangan 4 P (Pribadi, Pendorong, Proses, Produk) dalam pembelajaran, prestasi belajar Matematika, Bahasa Indonesia, IPA, IPS dan PKn

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Penerapan teori Utami Munandar pada pengembangan 4 P (Pribadi, Pendorong, Proses, Produk) dalam pembelajaran, prestasi belajar Matematika, Bahasa Indonesia, IPA, IPS dan PKn
Subjects: Perpustakaan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 06 Feb 2013 01:36
Last Modified: 29 Jan 2019 18:20
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/9844

Actions (login required)

View Item View Item