UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA KELAS III PADA MATERI PECAHAN DALAM TEMA PEKERJAAN DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA KERTAS KARTON BERWARNA DI SDN DEPOK 1

Widi , Nugroho (2012) UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA KELAS III PADA MATERI PECAHAN DALAM TEMA PEKERJAAN DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA KERTAS KARTON BERWARNA DI SDN DEPOK 1. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
BAB 1 - 08108247086.pdf

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2 - 08108247086.pdf

Download (253kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 5 - 08108247086.pdf

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER - 08108247086.pdf

Download (685kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN - 08108247086.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran matematika yang kurang memanfaatkan alat peraga sebagai media pembelajaran menjadikan siswa kelas III SD N Depok 1 menjadi bosan dan dan tidak tertarik sehingga menyebabkan tidak adanya peningkatan prestasi belajar. Keadaan pembelajaran yang menyenangkan dan penuh dengan aktifitas menjadikan siswa tidak bosan dan tertarik untuk belajar sehingga materi dapat dengan mudah diserap. Hal inilah yang melatarbelakangi peneliti untuk melakukan penelitian dengan tujuan meningkatkan prestasi belajar matematika khususnya pada materi pecahan dengan alat peraga kertas karton berwarna. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang dilakukan di SD Negeri Depok 1 dengan subyek siswa kelas III pada semester kedua tahun ajaran 2011/2012. Penelitian ini menggunakan dua siklus pembelajaran dimana tiap siklusnya dilaksanakan sebanyak tiga kali pertemuan dilanjutkan tes siklus. Metode pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini meliputi observasi dan tes. Observasi dilakukan untuk mengamati aktifitas siswa selama proses pembelajaran yang meliputi dua aspek yaitu aspek positif dan aspek negatif. Sedangkan tes digunakan untuk mengetahui peningkatan prestasi yang dilihat dari perolehan nilai hasil tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskritif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Adapun indikator keberhasilan penelitian ini ditandai dengan meningkatnya perubahan sikap siswa selama proses pembelajaran dengan kategori baik dan prestasi belajar siswa dengan nilai rata-rata kelas > 65 dan dicapai minimal 70% dari keseluruhan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prestasi belajar matematika kelas III khususnya pada materi pecahan dalam tema pekerjaan dimana setelah diberikan tindakan berupa pembelajaran menggunakan alat peraga kertas karton berwarna mengalami peningkatan dan dinyatakan berhasil mencapai indikator keberhasilan dalam dua siklus pembelajaran. Nilai rata-rata siswa sebelum dilakukan tindakan hanya sebesar 52,6 dengan tingkat ketuntasan hanya 38% naik menjadi 66,4 dengan ketuntasan belajar sebesar 65% pada siklus I, selanjutnya pada siklus II nilai rata-rata kembali naik menjadi 74,9 dengan ketuntasan sebesar 79%. Sedangkan untuk penilaian aktifitas siswa selama siklus I dan siklus II terus mengalami peningkatan untuk aspek positif dan penurunan pada aspek negatif dimana kedua aspek tersebut dapat mencapai kategori Sangat Baik. Kata kunci : prestasi belajar matematika, alat peraga kertas karton berwarna

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: prestasi belajar matematika, alat peraga kertas karton berwarna
Subjects: Perpustakaan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 06 Feb 2013 01:35
Last Modified: 29 Jan 2019 18:20
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/9842

Actions (login required)

View Item View Item