UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA MELALUI METODE BERMAIN PERAN PADA ANAK TK ABA KUNCEN 1 YOGYAKARTA

Rohmawati , Miharjo (2012) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA MELALUI METODE BERMAIN PERAN PADA ANAK TK ABA KUNCEN 1 YOGYAKARTA. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
BAB 1 - 08111247023.pdf

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2 - 08111247023.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 5 - 08111247023.pdf

Download (21kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER - 08111247023.pdf

Download (337kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN - 08111247023.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbicara anak melalui metode bermain peran di TK ABA Kuncen 1 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelompok B TK ABA Kuncen 1 Yogyakarta, dengan jumlah murid sebanyak 24 anak yang terdiri dari siswa putra 8 anak dan siswa putri 16 anak. Objek penelitian adalah kemampuan berbicara anak yang meliputi keaktifan anak berbicara untuk mengungkapkan ide, kemampuan berbicara lancar dengan lafal yang benar dan partisipasi dalam bermain peran. Tindakan berupa pembelajaran melalui metode bermain peran. Instrumen penelitian menggunakan lembar observasi Metode Pengumpulan data yang dilakukan berupa observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berbicara anak dapat ditingkatkan melalui metode bermain peran. Hal ini dapat dibuktikan dengan adanya peningkatan pada aspek keaktifan anak berbicara untuk mengungkapkan ide sebelum tindakan diperoleh data 8,33%, siklus I diperoleh data 37,5%, dan siklus II diperoleh data 75%. Kemampuan berbicara lancar dengan lafal yang benar sebelum tindakan diperoleh data 12,5%, siklus I diperoleh data 41,67%, dan siklus II diperoleh data 87,5%. Partisipasi dalam bermain peran sebelum tindakan diperoleh data 12,5%, siklus I diperoleh data 45,83%, dan siklus II diperoleh data 87,5%. Kata kunci: kemampuan berbicara anak, bermain peran, TK ABA Kuncen 1 Yogyakarta

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: kemampuan berbicara anak, bermain peran, TK ABA Kuncen 1 Yogyakarta
Subjects: Perpustakaan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Perpustakaan
Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 06 Feb 2013 01:13
Last Modified: 29 Jan 2019 18:19
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/9820

Actions (login required)

View Item View Item