UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL ANGKA MELALUI PENGGUNAAN BENDA KONKRET PADA ANAK KELOMPOK A DI TK ABA PAMPANG II PALIYAN GUNUNG KIDUL

Zaroh, Nurlaily (2012) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL ANGKA MELALUI PENGGUNAAN BENDA KONKRET PADA ANAK KELOMPOK A DI TK ABA PAMPANG II PALIYAN GUNUNG KIDUL. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
BAB1 - 08111241026.pdf

Download (40kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB2 - 08111241026.pdf

Download (82kB) | Preview
[img] Text
BAB3 - 08111241026.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (460kB)
[img] Text
BAB4 - 08111241026.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
BAB5 - 08111241026.pdf

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB5 - 08111241026.pdf

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER - 08111241026.pdf

Download (289kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN - 08111241026.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal angka melalui penggunaan benda konkret pada anak kelompok A di Taman Kanak- Kanak Aisyiyah Bustanul Atfal Pampang II, Paliyan, Gunungkidul. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, tes lisan dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan adanya peningkatan pada kemampuan mengenal angka 1-10 anak kelompok A di TK ABA Pampang II Gunungkidul. Melalui benda konkret anak dapat menggunakan seluruh inderanya dengan cara melihat, menyentuh, memegang, dan memindahkannya secara langsung. Terlebih dahulu anak menghitung banyaknya benda, setelah itu benda dihubungkan dengan angka yang sesuai. Upaya untuk meningkatkan kemampuan mengenal angka pada penelitian ini melalui penggunaan benda konkret yang menarik untuk anak yaitu berupa makanan. Dengan benda konkret tersebut kemampuan anak mengenal angka dapat meningkat sesuai yang diharapkan. Hal ini dapat dilihat dari data yang diperoleh, kemampuan anak mengenal angka pra tindakan hanya ada 3 anak (23,07%) dengan kriteria baik. Setelah adanya tindakan siklus I kemampuan mengenal angka kriteria baik menjadi 7 anak (53,85%). Pada tindakan siklus II kemampuan anak mengenal angka kriteria baik meningkat menjadi 11 anak (84,62%). Hasil penelitian tersebut membuktikan bahwa benda konkret memiliki pengaruh besar dalam pembelajaran mengenal angka, karena melalui penggunaan benda konkret kemampuan anak dalam mengenal angka dapat meningkat. Kata kunci: Kemampuan mengenal angka, benda konkret, anak kelompok A.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan mengenal angka, benda konkret, anak kelompok A.
Subjects: Perpustakaan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Perpustakaan
Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 06 Feb 2013 01:11
Last Modified: 29 Jan 2019 18:19
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/9813

Actions (login required)

View Item View Item