PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VIDEO TERHADAP KEMAMPUAN MENYIMAK DONGENG PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V SD NEGERI PANJATAN, PANJATAN, KULON PROGO

Siwi , Utaminingtyas (2012) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VIDEO TERHADAP KEMAMPUAN MENYIMAK DONGENG PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V SD NEGERI PANJATAN, PANJATAN, KULON PROGO. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
BAB 1 -08108244022.pdf

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2 -08108244022.pdf

Download (251kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER -08108244022.pdf

Download (916kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN -08108244022.pdf

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 5-08108244022.pdf

Download (99kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media video terhadap kemampuan menyimak dongeng pada mata pelajaran bahasa Indonesia siswa kelas V SD Negeri Panjatan tahun ajaran 2011/2012. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Experimental Design dengan variabel terikat kemampuan menyimak dongeng, dan variabel bebasnya adalah media video. Desain penelitiannya adalah Non-equivalent Control Group Design. Populasi penelitiannya adalah siswa kelas V SD Negeri Panjatan yang berjumlah 45 siswa yang terdiri atas dua kelas. Kelas VA berjumlah 23 siswa sebagai kelas eksperimen, dan kelas VB berjumlah 22 siswa sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan berupa tes dan dokumentasi. Tekhnik analisis data menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan ada pengaruh penggunaan media video terhadap kemampuan menyimak dongeng pada mata pelajaran bahasa Indonesia siswa kelas V SD Negeri Panjatan tahun ajaran 2011/2012. Hal ini terlihat dari nilai postes yang dilaksanakan, dengan skor rata-rata kemampuan menyimak dongeng dengan menggunakan media video 75,6 sedangkan yang tidak menggunakan media video 61,2. Dari perolehan nilai tersebut menunjukkan bahwa dengan menggunakan media video nilai yang diperoleh lebih tinggi daripada yang tidak menggunakan media video, hal ini berarti ada pengaruh penggunaan media video terhadap kemampuan menyimak dongeng. Kata Kunci : media video, kemampuan menyimak dongeng, Sekolah Dasar

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: media video, kemampuan menyimak dongeng, Sekolah Dasar
Subjects: Perpustakaan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Perpustakaan
Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 06 Feb 2013 01:10
Last Modified: 29 Jan 2019 18:19
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/9809

Actions (login required)

View Item View Item