Manggala Ady, Sutmonbara (2012) HUBUNGAN ANTARA PRESTASI BELAJAR MATA DIKLAT MENGGAMBAR TEKNIK TERHADAP KEMAMPUAN MENGGGAMBAR TEKNIK DENGAN BANTUAN PROGRAM AUTOCAD PADA SISWA KELAS XII TEKNIK KENDARAAN RINGAN DI SMK MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.
|
Text
cover -07504241009.pdf Download (611kB) | Preview |
|
|
Text
bab 1 -07504241009.pdf Download (27kB) | Preview |
|
|
Text
bab 2 -07504241009.pdf Download (111kB) | Preview |
|
|
Text
bab 5 -07504241009.pdf Download (171kB) | Preview |
|
|
Text
lampiran -07504241009.pdf Download (5MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar prestasi belajar mata diklat Menggambar Teknik pada siswa kelas XII, seberapa besar kemampuan Menggambar Teknik dengan bantuan Program AutoCAD pada siswa kelas XII, dan mengetahui hubungan prestasi belajar mata diklat Menggambar Teknik terhadap kemampuan Menggambar Teknik dengan bantuan Program AutoCAD pada siswa kelas XII. Penelitian ini merupakan penelitian Ex Post Facto dan subyek penelitian ini adalah siswa kelas XII Teknik Kendaraan Ringan SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta angkatan 2011/2012 sebanyak 89 responden. Penelitian ini adalah penelitian sampel dari jumlah populasi 120 dan peneliti menetapkan jumlah sampel yang dikembangkan oleh Isaac dan Michael dengan taraf signifikansi 5%. Pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi dan metode tes. Uji validitas instrumen dilakukan dengan menggunakan experts judgment dan untuk instrumen tes kemampuan ditambah dengan analisis butir soal yaitu dengan menghitung tingkat kesukaran dan daya pembedanya. Uji reliabilitas untuk instrumen tes kemampuan dihitung dengan rumus Kuder-Richardson (KR-20). Analisis korelasi sederhana Product Moment digunakan untuk mengetahui hubungan variabel bebas terhadap variabel terikat. Sebelum analisis data terlebih dahulu diadakan uji prasyarat yang meliputi uji normalitas dan linieritas. Hasil penelitian menunjukkan prestasi belajar mata diklat Menggambar Teknik siswa kelas XII Teknik Kendaraan Ringan SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta dalam kategori sedang dengan nilai rata-rata sebesar 74,36, kemampuan Menggambar Teknik dengan bantuan Program AutoCAD siswa kelas XII Teknik Kendaraan Ringan SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta dalam kategori sedang dengan nilai rata-rata sebesar 72,04. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan antara prestasi belajar mata diklat Menggambar Teknik terhadap kemampuan Menggambar Teknik dengan bantuan Program AutoCAD pada siswa kelas XII Teknik Kendaraan Ringan SMK Muhammadiyah Yogyakarta. Hal tersebut ditunjukkan dengan harga koefisien korelasi
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Prestasi Belajar Siswa dan Kemampuan Menggambar Teknik Siswa |
Subjects: | Perpustakaan Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif |
Depositing User: | Eprints |
Date Deposited: | 05 Feb 2013 01:32 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 18:18 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/9792 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |