HUBUNGAN ANTARA KETERAMPILAN MEMBACA NYARING DENGAN PEMAHAMAN BACAAN PADA SISWA KELAS II SD NEGERI SE-GUGUS CANDIREJO KECAMATAN SEMANU KABUPATEN GUNUNGKIDUL

Nanik , Irawati (2012) HUBUNGAN ANTARA KETERAMPILAN MEMBACA NYARING DENGAN PEMAHAMAN BACAAN PADA SISWA KELAS II SD NEGERI SE-GUGUS CANDIREJO KECAMATAN SEMANU KABUPATEN GUNUNGKIDUL. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
BAB1- 08108244002.pdf

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB2- 08108244002.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB3- 08108244002.pdf

Download (320kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB4- 08108244002.pdf

Download (258kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB5 - 08108244002.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER - 08108244002.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN - 08108244002.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya hubungan yang signifikan antara keterampilan membaca nyaring dengan pemahaman bacaan pada siswa kelas II SD Negeri Se-gugus Candirejo, Kecamatan Semanu, Kabupaten Gunungkidul. Populasi dan sampel penelitian ini adalah siswa kelas II SD Negeri Se-gugus Candirejo, Kecamatan Semanu, Kabupaten Gunungkidul.jenis desain penelitian ini termasuk penelitian ex-post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas II SD Negeri Se-gugus Candirejo, Kecamatan Semanu, Kabupaten Gunungkidul, tahun pelajaran 2011/2012. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes dan observasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis kolerasi dengan rumus product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara keterampilan membaca nyaring dengan pemahaman bacaan siswa kelas II SD Negeri Se-gugus Candirejo, Kecamatan Semanu, Kabuaten Gunungkidul, hal ini dibuktikan dengan nilai rhitung>rtabel(0,564>0,344) dengan tingkat signifikan lebih kecil dari 0,05(0,001<0,05) dan koefisien kolerasi mempunyai nilai positif sebesar 0,484. Keterapilan membaca berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia kelas II SD Negeri Se-gugus Candirejo, Kecamatan Semanu, Kabupaten Gunungkidul, hal ini dibuktikan dengan nilai rhitung>rtabel (0,564>0,344) dengan taraf signifikansi lebih kecil dari 0,05 (0,001<0,05). Kata Kunci: Keterampilan membaca nyaring, Pemahaman bacaan

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan membaca nyaring, Pemahaman bacaan
Subjects: Perpustakaan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 05 Feb 2013 01:31
Last Modified: 29 Jan 2019 18:18
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/9790

Actions (login required)

View Item View Item