PENGARUH PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP PEMBINAAN MORAL SISWA KELAS V SD NEGERI SEKECAMATAN DANUREJAN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2011/2012

Ewen, Junarta (2012) PENGARUH PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP PEMBINAAN MORAL SISWA KELAS V SD NEGERI SEKECAMATAN DANUREJAN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2011/2012. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
cover - 07108248206.pdf

Download (419kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1 - 07108248206.pdf

Download (264kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2 - 07108248206.pdf

Download (360kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 5 - 07108248206.pdf

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text
lampiran - 07108248206.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang di timbulkan dari peran Guru PAI terhadap pembinaan moral Siswa Kelas V SD Negeri Sekecamatan Danurejan Yogyakarta Pada Tahun Ajaran 2011/2012. Dengan demikian, melalui penelitian ini diharapkan siswa tidak hanya pintar dalam pengetahuan akademik, tetapi juga di bekali moral yang baik pula melalui pembinaan moral yang telah dilberikan. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif. Ditinjau dari teknik samplingnya maka menggunakan pendekatan teknik sample, jika ditinjau dari timbulnya variable termasuk pendekatan non eksperimental, dan jika ditinjau dari pola-pola atau sifat penelitian non eksperimental, penelitian ini termasuk penelitian korelasi. Sample yang diambil pada penelitian ini sebanyak 73 siswa dari seluruh siswa kelas V SD Negeri Sekecamatan Danurejan Yogyakarta Tahun Ajaran 2011/2012 yang semuanya berjumlah 269 siswa. Penelitian ini hanya ditujukan kepada SD Negeri yang ada di Sekecamatan Danurejan. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini berupa regresi linier sederhana. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa ada pengaruh positif dan signifikan peran guru PAI terhadap pembinaan moral siswa kelas V SD N Sekecamatan Danurejan Yogyakarta tahun ajaran 2011/2012. Hal ini dapat dilihat pada analisis data penelitian yang menunjukan bahwa t-hitung (3,260) lebih besar dari pada ttabel (2,00). Semakin tinggi peran guru maka semakin tinggi pula moral siswa, meski ada variabel lain yang juga dapat mempengaruhi moral siswa. Dengan demikian seluruh hasil uji analisis dalam penelitian ini mendukung hipotesis yang diajukan. Kata kunci: Peran Guru Pendidikan Agama Islam, Moral Siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Peran Guru Pendidikan Agama Islam, Moral Siswa.
Subjects: Perpustakaan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 05 Feb 2013 00:40
Last Modified: 29 Jan 2019 18:17
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/9762

Actions (login required)

View Item View Item